Pemanfaatan Co-Creation oleh Jenis Co.Create sebagai Strategi Pengembangan Produk Perbankan Digital Jenius

Nori Ayufi, Risma Pertiwi, Vashty G. Shabrina, Irwansyah

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Sektor teknologi dan informasi yang berkembang menyebabkan tumbuhnya financial technology atau fintech di Indonesia. Salah satu penggebrak pada ranah fintech adalah Bank BTPN dengan produk mobile banking Jenius. Dalam pengembangan produknya, Jenius mengembangkan wadah Jenius Co.Create dimana mereka dapat mewadahi kolaborasi ide, inspirasi dan kreativitas mengenai pengembangan industri fintech masa depan yang dapat masukan bagi pengembangan mobile banking Jenius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara narasumber dan kajian konsep mengenai co-creation serta consumer empowerment. Diperoleh kesimpulan bahwa Jenius melalui Jenius Co.Create sejauh ini sudah mengimplementasikan model DART dalam penggunaan ko-kreasi pada produknya. Adapun dengan interaksi yang terbentuk pada Jenius Co.Create maka secara otomatis terbentuk sebuah online community di antara para pengguna website.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)52-62
JournalPetanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
Volume1
Issue number2
DOIs
Publication statusPublished - 2019

Keywords

  • Teknologi Keuangan
  • Mobile Banking
  • Co-creation
  • Pemberdayaan konsumen
  • Komunitas daring

Cite this