Abstract
Pelayanan keperawatan dan kepuasan klien rawat jalan saat ini belum optimal. Diagnosis keperawatan umumnya belum ditegakkan. Self care klien rawat jalan masih belum optimal. Hal ini membutuhkan pelatihan asuhan keperawatan rawat jalan (AKRJI) di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan pelatihan asuhan keperawatan rawat jalan (AKRJI) di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripsi frekuensi. Eksplorasi dilakukan pada 9 perawat pelaksana di rawat jalan medikal bedah dan 100 klien. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelatihan asuhan keperawatan rawat jalan (AKRJI) di rumah sakit meningkatkan pengetahuan (p Value= 0, 0001) dan keterampilan (p Value= 0, 0001) perawat dalam melakukan asuhan keperawatan di rawat jalan secara significant. Disarankan untuk perawat rawat jalan rumah sakit umum dan diklat RS untuk melakukan pelatihan asuhan keperawatan rawat jalan (AKRJI) di rumah sakit.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages | 266-274 |
Number of pages | 9 |
Publication status | Published - 2018 |
Event | Prosiding PIN-LITAMAS 1 - Duration: 1 Jan 2018 → … |
Conference
Conference | Prosiding PIN-LITAMAS 1 |
---|---|
Period | 1/01/18 → … |