Abstract
Perawat merupakan petugas medis yang berada digaris depan untuk memerangi pandemic Covid-19. Banyak kendala yang dihadapi perawat saat melakukan asuhan keperawatan bagi pasien Covid-19, khususnya mengatasi masalah psikologis pasien. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman perawat dalam mengatasi kendala perawatan dan mengingkatkan strategi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini merupakan penelian kualitatif fenomenolis terhadap perawat yang bertugas merawat pasien Covid-19. Kelompok pertama merupakan 20 orang perawat dengan pengambilan data melalui teknik FGD. Kelompok kedua merupakan perawat manajerial sebanyak 5 orang, pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam. terdapat 3 tema pada penelitian ini yakni : bentuk intervensi keperawatan psikososial, mengatasi kendala asuhan psikososial dan peningkatan mutu asuhan keperawatan psikososial. Masalah psikososial pada pasien Covid-19 dapat diatasi dengan melakukan asuhan keperawatan yang komprehensif.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 1-8 |
Journal | MAHESA: Malahayati Health Student Journal |
Volume | 4 |
Issue number | 1 |
DOIs | |
Publication status | Published - 2024 |
Keywords
- Covid-19
- Kualitatif
- Pandemi
- Perawat
- Psikososial