Panduan Praktis Metode Penelitian Sosial

Research output: Book/ReportBook

Abstract

Integritas dan kualitas penelitian buukan hanya tentang apa yang diteliti oleh siapa, tapi juga mencakup bagaimana keseluruhan proses penelitian tersebut berlangsung dan mengapa demikian. Keempat dimensi ‘apa’, ‘siapa’, ‘bagaimana’, dan ‘mengapa’ kita ketahui merupakan dimensi dari paradigm penelitian. Tidak banyak buku panduan metodologi penelitian yang menyertakan pembahasan tentang paradigma karena berbagai alasan. Kadangkala uraian tentang paradigma dianggap terlalu abstrak, sehingga bukannya membantu dalam melakukan penelitian tapi justru menambah keruwetan. Dalam buku panduan metodologi penelitian ini uraian diawali dengan paradigma penelitian dan disampaikan dengan sejumlah analogi sederhana yang ditujukan untuk membantu pembaca memahami pentingnya posisi paradigma dalam sebuah penelitian.

Selanjutnya adalah uraian tentang metode kuantitatif dan kualitatif yang secara praktis dapat dipahami sebagai strategi dalam penelitian. Pada bab ini pun uraian tentang berbagai perbedaan prinsip antara metode kuantitatif dan metode kualitatif disampaikan secara sederhana dan langsung merujuk pada sejumlah pedoman bagi pembaca untuk dapat memahami dan menentukan secara tepat strategi mana yang akan dipilih serta alasan pemilihan tersebut. Bagian selanjutnya menguraikan tahapan dan langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan disertai contohnya. Sebagai penutup, para pembaca diingatkan tentang pentingnya etika penelitian. Sebaik atau semenarik apapun isi sebuah laporan penelitian, jika integritas penelitinya tidak dapat dipertanggungjawabkan maka nilai penelitian tersebut akan tercederai. Sejumlah hal penting perlu diperhatikan dalam setiap tahapan dan langkah-langkah penelitian untuk memastikan dijunjungnya etika penelitian dan terjaminnya integritas peneliti.
Original languageIndonesian
PublisherPuskapol FISIP UI
Number of pages94
ISBN (Print)978-979-19089-9-3
Publication statusPublished - 2014

Cite this