Pandangan dan pengalaman pengajar terkait siniar sebagai media mengajar saat pandemi Covid-19

Nunik Triana, Irwansyah

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penelitian ini mengelaborasi bagaimana pengajar memandang podcast atau siniar dalam proses pengajaran dan bagaimana pengalaman mereka saat menggunakan media tersebut dalam proses pembelajaran jarak jauh saat pandemi covid-19. Dengan terlebih dahulu memaparkan konsep siniar sebagai media konvergensi dan penggunaanya dalam sektor pendidikan, penulis mengelaborasi permasalahan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan lima orang pengajar sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa pengaplikasian siniar mampu membantu pengajar melakukan pengajaran jarak jauh saat pandemi covid-19, karena biaya mengakses siniar murah; dapat diakses di lokasi dengan infrastruktur telekomunikasi yang kurang memadai; pembuatan materi pengajaran via siniar mudah, murah, serta lebih personal; siniar bisa didengarkan kapan saja dimana saja dengan berbagai media, dan dapat diulang kembali. Untuk mencapai target pembelajaran, sifat siniar yang tidak interaktif dan visual, disiasati para pengajar dengan menggunakan media pendukung lain yang berfungsi sebagai alat diskusi antara pengajar dan mahasiswa. Meskipun dinilai efektif, siniar belum mampu menggantikan efektifitas metode pangajaran tradisional tatap muka, dalam hal ini siniar dapat ditempatkan sebagai pelengkap pada metode pembelajaran tersebut. Kata Kunci: belajar, covid-19, jarak jauh, siniar (podcast). *Corresponding Author: Nunik Triana | [email protected] | Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Depok, Indonesia Islamic Communication Journal vol 6, no 1 (2021): 1-16, doi.org/10.21580/icj.2021.6.1.6358 2541-5182 (print); 2615-3580 (online), http://journal.walisongo.ac.id/index.php/icj
Original languageIndonesian
Pages (from-to)1-16
JournalIslamic Communication Journal
Volume6
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 29 Jun 2021

Cite this