TY - JOUR
T1 - Optimalisasi Peran Pusat Informasi dan Pemanduan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kebun Raya Bogor
AU - Musthofa, Budiman Mahmud
PY - 2017/12/1
Y1 - 2017/12/1
N2 - Kualitas pelayanan merupakan salah satu kunci dalam hospitality industry, yang salah satunyu adalah pelayanan dalam suatu obyek wisata. Artikel ini membahas tentang optimalisasi peran pusat informasi dan pemanduan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kebun Raya Bogor (KRB). Melalui metode kualitatif, hasil kajian ini menunjukan bahwa peran pusat informasi dan pemanduan KRB dalam menyebarluaskan informasi tentang kebun raya kepada pengunjung berperan sangat penting sehingga meningkatkan jumlah wisatawan yang datang. Berdasarkan pada analisa lima dimensi pelayanan prima, maka secara umum telah terpenuhi seluruh dimensi pelayanan di KRB, yaitu dimensi Reliability, Assurance, Tangibles, Emphaty, dan Responsiveness. Saran yang dapat diberikan pada kajian ini adalah perlunya peningkatan kualitas komptensi SDM dan kuantitas SDM di bidang pemanduan sehingga kualitas pelayanan akan lebih optimal.
AB - Kualitas pelayanan merupakan salah satu kunci dalam hospitality industry, yang salah satunyu adalah pelayanan dalam suatu obyek wisata. Artikel ini membahas tentang optimalisasi peran pusat informasi dan pemanduan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kebun Raya Bogor (KRB). Melalui metode kualitatif, hasil kajian ini menunjukan bahwa peran pusat informasi dan pemanduan KRB dalam menyebarluaskan informasi tentang kebun raya kepada pengunjung berperan sangat penting sehingga meningkatkan jumlah wisatawan yang datang. Berdasarkan pada analisa lima dimensi pelayanan prima, maka secara umum telah terpenuhi seluruh dimensi pelayanan di KRB, yaitu dimensi Reliability, Assurance, Tangibles, Emphaty, dan Responsiveness. Saran yang dapat diberikan pada kajian ini adalah perlunya peningkatan kualitas komptensi SDM dan kuantitas SDM di bidang pemanduan sehingga kualitas pelayanan akan lebih optimal.
M3 - Article
SN - 2541-5360
VL - 2
JO - Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies
JF - Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies
IS - 1
ER -