Opini Mahasiswa Atas Strategi Humas dalam Menangani Isu dan Krisis

Research output: Contribution to conferencePaperpeer-review

Abstract

Sebuah organisasi / perusahaan pasti akan mengalami pasang surut. Bila terkena masalah yang jika tidak segera ditangani, akan berkembang menjadi krisis. Isu dan krisis bisa disebabkan dari dalam (internal) atau dari luar (eksternal) organisasi / perusahaan. Diperlukan keahlian praktisi humas dalam menghadapi isu negatif yang berkembang di masyarakat. Isu yang tersebar di media online membutuhkan penanganan khusus, seperti yang terjadi pada objek penelitian ini. "Deklarasi Siswa UI untuk Anies-Sandi" yang baru saja terjadi pada bulan Maret 2017, berisi postingan poster digital yang menunjukkan dukungan bagi Anies-Sandi sebagai calon gubernur-gubernur dalam Pemilu DKI Jakarta 2017. Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari organisasi di Universitas Indonesia (UI) selaku event organizer. Hal ini bertentangan dengan pernyataan Anies Baswedan pada tahun 2015 saat masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), bahwa pendidikan harus bebas dari intervensi politik (Berita Satu, 2015). Public Relations UI memiliki peran penting dalam menangani masalah ini dimana Humas memegang tugas sebagai peredam isu negatif dan menjadi pihak yang bisa menjadi jembatan antara pihak internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi Mahasiswa UI terhadap Strategi Humas UI dalam menangani isu dan krisis organisasi terkait dengan deklarasi dukungan mahasiswa UI kepada Anies-Sandi. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan positivis. Hasil penelitian ini menunjukkan pendapat mahasiswa tentang strategi Public Relations UI dalam menangani isu deklarasi siswa untuk Anies-Sandi yang cukup responsif dan tepat, mereka merespons krisis melalui media sosial, Twitter. Kami menawarkan metode penanganan krisis yang lebih efektif yaitu dengan membuat siaran pers yang lebih lengkap dan menyebar melalui media sosial.
Original languageIndonesian
Publication statusPublished - 2018
EventProsiding Seminar Nasional Jambore Nasional Komunikasi II - 2018 - ID, Jakarta, Indonesia
Duration: 1 Jan 2018 → …

Conference

ConferenceProsiding Seminar Nasional Jambore Nasional Komunikasi II - 2018
Country/TerritoryIndonesia
CityJakarta
Period1/01/18 → …

Keywords

  • Humas, Opini, Media Online, Isu, Krisis, Pilkada

Cite this