Abstract
Sebuah organisasi / perusahaan pasti akan mengalami pasang surut. Bila terkena masalah yang jika tidak segera ditangani, akan berkembang menjadi krisis. Isu dan krisis bisa disebabkan dari dalam (internal) atau dari luar (eksternal) organisasi / perusahaan. Diperlukan keahlian praktisi humas dalam menghadapi isu negatif yang berkembang di masyarakat. Isu yang tersebar di media online membutuhkan penanganan khusus, seperti yang terjadi pada objek penelitian ini. "Deklarasi Siswa UI untuk Anies-Sandi" yang baru saja terjadi pada bulan Maret 2017, berisi postingan poster digital yang menunjukkan dukungan bagi Anies-Sandi sebagai calon gubernur-gubernur dalam Pemilu DKI Jakarta 2017. Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari organisasi di Universitas Indonesia (UI) selaku event organizer. Hal ini bertentangan dengan pernyataan Anies Baswedan pada tahun 2015 saat masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), bahwa pendidikan harus bebas dari intervensi politik (Berita Satu, 2015). Public Relations UI memiliki peran penting dalam menangani masalah ini dimana Humas memegang tugas sebagai peredam isu negatif dan menjadi pihak yang bisa menjadi jembatan antara pihak internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi Mahasiswa UI terhadap Strategi Humas UI dalam menangani isu dan krisis organisasi terkait dengan deklarasi dukungan mahasiswa UI kepada Anies-Sandi. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan positivis. Hasil penelitian ini menunjukkan pendapat mahasiswa tentang strategi Public Relations UI dalam menangani isu deklarasi siswa untuk Anies-Sandi yang cukup responsif dan tepat, mereka merespons krisis melalui media sosial, Twitter. Kami menawarkan metode penanganan krisis yang lebih efektif yaitu dengan membuat siaran pers yang lebih lengkap dan menyebar melalui media sosial.
Original language | Indonesian |
---|---|
Publication status | Published - 2018 |
Event | Prosiding Seminar Nasional Jambore Nasional Komunikasi II - 2018 - ID, Jakarta, Indonesia Duration: 1 Jan 2018 → … |
Conference
Conference | Prosiding Seminar Nasional Jambore Nasional Komunikasi II - 2018 |
---|---|
Country/Territory | Indonesia |
City | Jakarta |
Period | 1/01/18 → … |
Keywords
- Humas, Opini, Media Online, Isu, Krisis, Pilkada