Open Government Data : Open Data Pada Sektor Pendidikan Dalam Mendukung Kebijakan

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Kemajuan teknologi menciptakan digitalisasi di berbagai bidang yang kemudian mendorong konteks baru dalam model interaksi pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien. Berbagai macam permasalahan yang muncul di bidang pendidikan dapat diselesaikan dengan adanya dukungan pemerintah. Dukungan tersebut melalui kebijakan bantuan di bidang pendidikan yang diputuskan berbasis data. Tujuan penelitian adalah menganalisis tentang konsep open data yang berperan pada proses pengambilan keputusan berbasis bukti dengan memanfaatkan e-government. Analisis tersebut menggunakan prinsip Open Government dimana pemerintah meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi melalui open data. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui metode literature review dan tetap memperhatikan kredibilitas sumber data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya inovasi pembangunan open data di bidang pendidikan: Dapodik, PD Dikti, dan EMIS. Open Government Data diciptakan untuk mendukung kebijakan agar tepat, maka sangat penting untuk menghadirkan open data yang lengkap, valid, terintegrasi, dan transparan (transparan mengacu kepada data kualitas sekolah atau peta kualitas pendidikan berdasarkan wilayah).
Original languageIndonesian
JournalKolaborasi : Jurnal Administrasi Publik
Volume7
Issue number2
Publication statusPublished - 31 Aug 2021

Cite this