Monitoring of Column Flotation Process in Collection Zone using ECVT with the Effect of Collector and Frother Doses to Recovery

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Flotasi adalah proses pemisahaan mineral berharga dari pengotornya berdasarkan perbedaan sifat permukaan partikel. Saat ini monitoring proses flotasi kolom di Industri menggunakan machine vision, yaitu teknologi pemindaian flotasi yang dapat mengekstrak karakteristik froth. Teknologi monitoring ini hanya terbatas pada pengambilan gambar di permukaan froth zone, sedangkan proses pemisahaan terjadi pada sumbu aksial di collection zone. Electrical Capacitance Volumetric Tomography (ECVT) merupakan teknologi yang menghasilkan citra tiga dimensi dengan memanfaatkan perbedaan kapasitansi listrik dari tiap material. Oleh sebab itu, teknologi ini mampu memonitor proses flotasi kolom pada sumbu aksial di collection zone. Performa metalurgi flotasi kolom dipengaruhi oleh faktor kimia diantaranya dosis collector dan frother. Dosis collector dan frother mempengaruhi interaksi partikel mineral dan gelembung udara. Percobaan monitoring proses flotasi dilakukan untuk mengetahui interaksi partikel mineral dengan gelembung udara saat proses berlangsung dan perbedaan citra yang dihasilkan pada setiap variasi yang dilakukan dengan kaitannya terhadap recovery. Percobaan monitoring proses flotasi kolom dilakukan dengan variasi dosis collector 150, 500, 850, 1200 g/ton dan dosis frother 10, 20, 30, 40, 50 ppm. Proses monitoring dilakukan menggunakan ECVT 32 channels dengan konfigurasi 8x4 channels secara realtime. Hasil percobaan menunjukkan bahwa terjadi perubahan citra selama proses berlangsung dan terjadi perbedaan citra pada setiap variasi yang dilakukan terhadap recovery yang dihasilkan. Dominasi partikel mineral di dalam sistem meningkatkan kapasitansi normalisasi yang direpresentasikan oleh citra berwarna kemerahan sedangkan dominasi gelembung udara menurunkan kapasitansi normalisasi yang direpresentasikan oleh warna kebiruan.
Original languageEnglish
JournalMESIN
Publication statusPublished - 2020

Fingerprint Dive into the research topics of 'Monitoring of Column Flotation Process in Collection Zone using ECVT with the Effect of Collector and Frother Doses to Recovery'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this