TY - JOUR
T1 - Moderasi sensitivitas stigma dalam hubungan antara pengendalian diri, kebiasaan belajar, dan keterlibatan aktif mahasiswa
AU - Noor, Febri Prasetiyo
AU - Takwin, Bagus
PY - 2019
Y1 - 2019
N2 - Mahasiswa seringkali kurang aktif terlibat dalam proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari sensitivitas pada stigma akibat kesenjangan sosio ekonomi (SSID) pada hubungan pengendalian diri, kebiasaan belajar, dan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas. Partisipan sejumlah 121 orang mahasiswa universitas X dengan rentang usia 20-23 tahun (M = 21,298, SD = 0,679), terdiri dari 107 perempuan dan 14 laki-laki. Dua analisis dilakukan pada penelitian ini yaitu uji bivariate correlation untuk melihat korelasi antar variabel dan uji regresi untuk melihat pengaruh moderasi SSID pada hubungan pengendalian diri dengan keterlibatan aktif di kelas melalui mediasi dari kebiasaan belajar. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara pengendalian diri dengan kebiasaan belajar dan kebiasaan belajar dengan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas. Hasil uji regresi menunjukkan peran kebiasaan belajar sebagai mediator pada hubungan pengendalian diri dengan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas, sementara itu tidak ada pengaruh yang signifikan dari SSID pada hubungan tersebut. Hasil penelitian ini memberikan implikasi teoritis yaitu pengendalian diri yang baik dan kebiasaan belajar yang teratur dapat menjadi prediktor terhadap keterlibatan aktif mahasiswa di kelas, sementara implikasi praktisnya adalah cara menggugah mahasiswa agar lebih aktif di kelas dimulai dengan melatih pengendalian diri dan dibantu membentuk kebiasaan belajar yang teratur.
AB - Mahasiswa seringkali kurang aktif terlibat dalam proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari sensitivitas pada stigma akibat kesenjangan sosio ekonomi (SSID) pada hubungan pengendalian diri, kebiasaan belajar, dan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas. Partisipan sejumlah 121 orang mahasiswa universitas X dengan rentang usia 20-23 tahun (M = 21,298, SD = 0,679), terdiri dari 107 perempuan dan 14 laki-laki. Dua analisis dilakukan pada penelitian ini yaitu uji bivariate correlation untuk melihat korelasi antar variabel dan uji regresi untuk melihat pengaruh moderasi SSID pada hubungan pengendalian diri dengan keterlibatan aktif di kelas melalui mediasi dari kebiasaan belajar. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara pengendalian diri dengan kebiasaan belajar dan kebiasaan belajar dengan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas. Hasil uji regresi menunjukkan peran kebiasaan belajar sebagai mediator pada hubungan pengendalian diri dengan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas, sementara itu tidak ada pengaruh yang signifikan dari SSID pada hubungan tersebut. Hasil penelitian ini memberikan implikasi teoritis yaitu pengendalian diri yang baik dan kebiasaan belajar yang teratur dapat menjadi prediktor terhadap keterlibatan aktif mahasiswa di kelas, sementara implikasi praktisnya adalah cara menggugah mahasiswa agar lebih aktif di kelas dimulai dengan melatih pengendalian diri dan dibantu membentuk kebiasaan belajar yang teratur.
M3 - Article
JO - Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan
JF - Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan
ER -