TY - JOUR
T1 - MODEL EDUKASI YANG DIGUNAKAN PERAWAT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KESEHATAN PASIEN DIABETES MELITUS DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN: SYSTEMATIC REVIEW
AU - Yetti, Krisna
AU - Gayatri, Dewi
AU - Novieastari, Enie
PY - 2023
Y1 - 2023
N2 - Angka diabetes mellitus (DM) setiap tahun meningkat secara global, Edukasi merupakan pilar penting karena dapat meningkatkan literasi kesehatan yaitu peningkatan pengetahuan dan kemampuan mengelola perawatan diri/self care bagi penderita DM. Systematic review ini bertujuan untuk mengidentifikasi model edukasi yang digunakan perawat untuk meningkatkan literasi kesehatan pasien DM dalam perspektif manajemen. Systematik review ini mengikuti pedoman PRISMA. Penelusuran dilakukan secara sistematis pada 5 database berbahasa inggris: Pubmed, Proquest, Science direct, Scopus dan Sage, dengan menggunakan kata kunci education model, health education model, diabetic, diabetes mellitus, health literacy, management. Artikel dipilih yang dipublikasikan sejak tahun 2013-2023. Model edukasi dianalisis menggunakan perspektif manajemen. Perencanaan edukasi; tujuan, kebutuhan, sasaran , prosedur. Pengorganisasian; tim edukator, pembagian tugas dan koordinasi. Kepegawaian; kompetensi dan tanggung jawab staf memberikan edukasi. Pengarahan; motivasi, kolaborasi dan koordinasi, identifikasi masalah edukasi. Pengontrolan: kendali mutu edukasi, literasi kesehatan pasien DM dan hasil klinis. Perencanaan; edukasi dirancang secara proaktif yang bersifat dinamis. Pengorganisasian; edukator dibentuk dalam tim interprofesional, tugas dan tanggung jawab tiap profesi. Kepegawaian; tiap edukator memiliki kompetensi profesional. Pengarahan; dukungan pimpinan merupakan support system bagi edukator. Pengontrolan; kendali mutu edukasi dengan mengidentifikasi hambatan edukasi karena budaya dan gaya hidup pasien.
AB - Angka diabetes mellitus (DM) setiap tahun meningkat secara global, Edukasi merupakan pilar penting karena dapat meningkatkan literasi kesehatan yaitu peningkatan pengetahuan dan kemampuan mengelola perawatan diri/self care bagi penderita DM. Systematic review ini bertujuan untuk mengidentifikasi model edukasi yang digunakan perawat untuk meningkatkan literasi kesehatan pasien DM dalam perspektif manajemen. Systematik review ini mengikuti pedoman PRISMA. Penelusuran dilakukan secara sistematis pada 5 database berbahasa inggris: Pubmed, Proquest, Science direct, Scopus dan Sage, dengan menggunakan kata kunci education model, health education model, diabetic, diabetes mellitus, health literacy, management. Artikel dipilih yang dipublikasikan sejak tahun 2013-2023. Model edukasi dianalisis menggunakan perspektif manajemen. Perencanaan edukasi; tujuan, kebutuhan, sasaran , prosedur. Pengorganisasian; tim edukator, pembagian tugas dan koordinasi. Kepegawaian; kompetensi dan tanggung jawab staf memberikan edukasi. Pengarahan; motivasi, kolaborasi dan koordinasi, identifikasi masalah edukasi. Pengontrolan: kendali mutu edukasi, literasi kesehatan pasien DM dan hasil klinis. Perencanaan; edukasi dirancang secara proaktif yang bersifat dinamis. Pengorganisasian; edukator dibentuk dalam tim interprofesional, tugas dan tanggung jawab tiap profesi. Kepegawaian; tiap edukator memiliki kompetensi profesional. Pengarahan; dukungan pimpinan merupakan support system bagi edukator. Pengontrolan; kendali mutu edukasi dengan mengidentifikasi hambatan edukasi karena budaya dan gaya hidup pasien.
KW - diabetes mellitus
KW - literasi kesehatan
KW - model edukasi
KW - perspektif manajemen
UR - http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/1421
U2 - 10.32583/keperawatan.v16i1.1421
DO - 10.32583/keperawatan.v16i1.1421
M3 - Literature review
SN - 2549-8118
VL - 16
SP - 1
EP - 16
JO - Jurnal Keperawatan
JF - Jurnal Keperawatan
IS - 1
ER -