Abstract
Metode pembelajaran merupakan strategi yang penting untuk diterapkan dalam proses belajar-mengajar, hal ini merupakan penentu keberhasilan para mahasiswa/I dalam penyerapan materi yang diberikan dan mendukung keaktifan mahasiswa/I dalam belajar di kelas. Metode active learning, adalah sebuah metode yang sudah lama dikembangkan, metode ini merupakan suatu model pembelajaran melalui cara-cara belajar yang aktif menuju tercapainya tujuan pembelajaran dengan optimal. Tulisan ini bertujuan untuk melihat implementasi metode active learning dengan memberikan stimulus berupa voucher reward pada mahasiswa Administrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi Universitas Indonesia. Angkatan 2016 yang aktif dan antusias dalam bentuk kedisiplinan, aktif melakukan praktik performance appearance serta membentuk team work untuk semangat dalam mengikuti pembelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah dengan observasi dari dosen pengampu mata kuliah Prosedur Operasional Bank selama satu semester atau enam bulan pada tahun ajaran 2016/2017, seperti denganmemberikan umpan balik agar proses pembelajaran dua arah, memberikan contoh agar dapat di simulasikan serta memberikan stimulus dengan memberikan voucher reward. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa metode active learning sangat tepat digunakan karena mahasiswa/I lebih antusias, kelas terasa lebih hidup karena semua bersemangat, dan juga pemberian voucher lebih memacu untuk bisa unggul, dan dampak jangka panjangnya adalah mahasiswa/I terbiasa untuk lebih disiplin baik dari awal perkuliahan sampai akhir semester.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 67-74 |
Journal | Jurnal Administrasi Terapan |
Volume | 20 |
Issue number | 1 |
Publication status | Published - 1 Jun 2017 |
Keywords
- metode, active learning, stimulus