Metode dan Media Pembelajaran untuk pendidikan inklusi bagi penyandang autis di Indonesia

Research output: Contribution to journalLiterature reviewpeer-review

Abstract

Artikel ini bertujuan mengungkapkan adanya pilihan metode dan media pembelajaran guna kebutuhan pendidikan inklusi penyandang autis di Indonesia, berdasarkan penelitian sekunder, studi literatur. Hasil studi atas penelitian terdahulu yang terpublikasi tahun 2013-2021 mengungkapkan adanya variasi 9 metode, 8 media pembelajaran dengan variasi pemenuhan tiga aspek pembelajaran: kognitif, afektif dan psikomotorik. Kemanfaatan studi ini adalah terungkapnya bahwa variasi metode dan media pembelajaran tersebut bisa menjadi pilihan terjangkau bagi kondisi sosial-ekonomi masyarakat yang ada di Indonesia. Kebaruan studi ini adalah menjadi akumulasi pengetahuan untuk diaplikasikan oleh para pihak yang peduli pada pendidikan inklusi dan pemenuhan kebutuhan pembelajaran penyandang autis di Indonesia.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)38-56
JournalJurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Volume7
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 30 Apr 2023

Keywords

  • Autis
  • Metode Pembelajaran
  • Media Pembelajaran
  • Pendidikan Inklusi

Cite this