Abstract
Artikel ini bertujuan mengungkapkan adanya pilihan metode dan media pembelajaran guna kebutuhan pendidikan inklusi penyandang autis di Indonesia, berdasarkan penelitian sekunder, studi literatur. Hasil studi atas penelitian terdahulu yang terpublikasi tahun 2013-2021 mengungkapkan adanya variasi 9 metode, 8 media pembelajaran dengan variasi pemenuhan tiga aspek pembelajaran: kognitif, afektif dan psikomotorik. Kemanfaatan studi ini adalah terungkapnya bahwa variasi metode dan media pembelajaran tersebut bisa menjadi pilihan terjangkau bagi kondisi sosial-ekonomi masyarakat yang ada di Indonesia. Kebaruan studi ini adalah menjadi akumulasi pengetahuan untuk diaplikasikan oleh para pihak yang peduli pada pendidikan inklusi dan pemenuhan kebutuhan pembelajaran penyandang autis di Indonesia.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 38-56 |
Journal | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus |
Volume | 7 |
Issue number | 1 |
DOIs | |
Publication status | Published - 30 Apr 2023 |
Keywords
- Autis
- Metode Pembelajaran
- Media Pembelajaran
- Pendidikan Inklusi