Abstract
Dalam pemakaian bahasa, metafora digunakan sebagai penggambaran berdasarkan persamaan atau perbandingan dalam bentuk kata atau kelompok kata yang bukan arti sebenarnya. Metafora tidak hanya digunakan dalam bidang sastra, tetapi dapat dibahas dalam berbagai laras, salah satunya iklan. Iklan merupakan salah satu sarana komunikasi (bahasa) yang digunakan untuk memasarkan suatu produk dan jasa. Bahasa dalam iklan mempunyai ciri persuasif, komunikatif, informatif, mudah dimengerti dan diingat, menarik perhatian dan bersifat mengajak. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penggunaan metafora dalam iklan produk kecantikan dan menganalisis hubungan ranah sumber dan ranah sasaran kata-kata metaforis tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah katalog produk Oriflame edisi Januari 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis. Analisis dilakukan berdasarkan konsep yang dikemukakan Lakoff (1980) dan Siregar (2004) untuk mengetahui hubungan antara ranah sumber dan ranah sasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan produk kecantikan mengandung kata-kata metafora yang berasal dari berbagai bidang atau topik (sumber) dan merujuk pada istilah kecantikan (sasaran); dan terdapat hubungan antara ranah sumber dan ranah sasaran.
Kata kunci: metafora, iklan, iklan produk kecantikan, ranah sumber, ranah sasaran
Kata kunci: metafora, iklan, iklan produk kecantikan, ranah sumber, ranah sasaran
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages | 310-323 |
Publication status | Published - Oct 2019 |