Abstract
Studi ini menelusuridampak berbagai strategi pemasaran digital, seperti iklan, celebrity endorsement, dan influencer marketing, terhadap niat beli pelanggan dalam sektor kosmetik, khususnya berfokus pada merek Scarlett di Indonesia. Dalam ranahdigital kontemporer yang ditandai oleh persaingan yang meningkat, sangat penting untuk memahami metode pemasaran optimal yang digunakan di platform media sosial. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Data diperoleh dari 384 responden melalui penggunaan kuesioner. Temuan yang dihasilkan dari analisis regresi menunjukkan bahwa setiap pendekatan pemasaran memiliki pengaruh yang menguntungkanpada niat beli konsumen dalam konteks Instagram. Dukungan selebriti memiliki dampak paling signifikan, diikuti oleh iklan dan pemasaran influencer. Dampak psikologis dari selebriti yang dihormati tinggi di kalangan penggemar dapat membantu menjelaskan dampak signifikan dari dukungan selebriti. Efektivitas iklan media sosial dalam meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek dan produk telah didokumentasikan dengan baik. Meskipun pemasaran influencer terbukti memiliki dampak yang menguntungkan, pengaruhnya tampaknya sedikit kurang penting. Studi ini memberikan wawasan signifikan bagi organisasi dalam memilih metode pemasaran digital yang paling efisien untuk meningkatkan niat beli konsumen di platform Instagram. Namun, penting untuk mengakui batasan studiini, terutama fokusnya yang sempit pada bisnis kosmetik di Indonesia. Penelitian masa depan sebaiknya bertujuan untuk mengeksplorasi variasi di platform media sosial dan memperluas cakupan geografis untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang topik ini.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 739-749 |
Journal | JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial |
Volume | 3 |
Issue number | 3 |
DOIs | |
Publication status | Published - 2023 |
Keywords
- iklan
- celebrity endorsement
- influencer marketing
- dan niat beli