TY - JOUR
T1 - Mengembangkan Pengetahuan dan Keterampilan Parental Empathy Ibu-ibu Bhayangkari melalui Pelatihan "Mengasuh dengan Empati, Mengasuh dengan Hati"
AU - Nahardita, Nindia
AU - Suharso, Puji Lestari
PY - 2019
Y1 - 2019
N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan “mengasuh dengan empati, mengasuh dengan hati” dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan parental empathyibu-ibu bhayangkari. Penelitian ini berbentuk pelatihan dengan dasar pikiran experiential learningyang diberikan pada sekelompok ibu-ibu bhayangkari yang memiliki anak usia 3 sampai 5 tahun, dan merupakan penelitian dengan one group pretestdan posttest design. Penelitian ini dilakukan di Jakarta Timur dengan melibatkan partisipan sebanyak 13 orang ibu yang memiliki anak usia 3-5 tahun dengan diberikan pelatihan sebanyak 10 sesi dalam waktu 4 hari. Pretest dan posttest diberikan sebelum dan setelah pelatihan dengan instrumen yang mengukur kemampuan parental empathy berdasarkan Eagle dan Bylund Makoul yang dirancang oleh peneliti. Hasil pretestdan post testdiuji dengan uji non parametric Wilcoxon Signed Rank menunjukkan level signifikansi p.value0,003 (<0,05). Hasil ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-testdan post-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan “Mengasuh dengan Empati, Mengasuh dengan Hati” dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan parental empathyibu. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan kunjungan rumah kepada partisipan agar partisipan memperoleh umpan balik langsung dan kemampuan parental empathy akan lebih meningkat.
AB - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan “mengasuh dengan empati, mengasuh dengan hati” dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan parental empathyibu-ibu bhayangkari. Penelitian ini berbentuk pelatihan dengan dasar pikiran experiential learningyang diberikan pada sekelompok ibu-ibu bhayangkari yang memiliki anak usia 3 sampai 5 tahun, dan merupakan penelitian dengan one group pretestdan posttest design. Penelitian ini dilakukan di Jakarta Timur dengan melibatkan partisipan sebanyak 13 orang ibu yang memiliki anak usia 3-5 tahun dengan diberikan pelatihan sebanyak 10 sesi dalam waktu 4 hari. Pretest dan posttest diberikan sebelum dan setelah pelatihan dengan instrumen yang mengukur kemampuan parental empathy berdasarkan Eagle dan Bylund Makoul yang dirancang oleh peneliti. Hasil pretestdan post testdiuji dengan uji non parametric Wilcoxon Signed Rank menunjukkan level signifikansi p.value0,003 (<0,05). Hasil ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-testdan post-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan “Mengasuh dengan Empati, Mengasuh dengan Hati” dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan parental empathyibu. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan kunjungan rumah kepada partisipan agar partisipan memperoleh umpan balik langsung dan kemampuan parental empathy akan lebih meningkat.
M3 - Article
SN - 2655-6936
JO - PSYCHE : Jurnal Psikologi
JF - PSYCHE : Jurnal Psikologi
ER -