MEMFASILITASI KEMAMPUAN REFLEKSI DIRI MAHASISWA KEDOKTERAN: APA DAN BAGAIMANA?

Dwita Oktaria, Dian puspita Sari, Diantha Soemantri, Nadia Greviana

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Latar belakang: Kemampuan refleksi diri penting bagi dokter untuk mengembangkan sikap profesional, hubungan terapeutik antara dokter-pasien serta kemampuan untuk belajar sepanjang hayat. Refleksi diri perlu dilatihkan dan dikembangkan selama proses pendidikan dokter secara terstruktur dan sistematik dalam pembelajaran, baik dalam pembelajaran mengenai profesionalisme maupun pembelajaran lainnya.
Gaps: Pembelajaran reflektif dalam pendidikan kedokteran seringkali hanya difokuskan untuk meningkatkan pemahaman mengenai profesionalisme dibandingkan mengembangkan kemampuan refleksi diri peserta didik. Selain itu, kesempatan untuk melakukan refleksi diri dalam kurikulum masih terbatas dan penilaian terhadap kemampuan refleksi masih jarang dilakukan. Terdapat keraguan apakah refleksi diri perlu dinilai.
Rekomendasi: Kesempatan melakukan refleksi diri secara terbimbing perlu dialokasikan secara terstruktur dalam kurikulum untuk mengembangkan kemampuan refleksi peserta didik. Strategi pengembangan kemampuan refleksi diri melibatkan serangkaian intervensi pendidikan, termasuk di dalamnya memberikan panduan dan umpan balik terhadap refleksi, serta memastikan refleksi diri mahasiswa dinilai. Refleksi terhadap umpan balik yang didapatkan dalam proses pembelajaran dapat membantu mahasiswa memanfaatkan umpan balik yang diberikan, mengembangkan kemampuan penilaian diri, serta meningkatkan kinerja peserta didik. Dalam melakukan penilaian terhadap refleksi, pendidik perlu mempertimbangkan waktu, cara, dan tujuan penilaian, serta memastikan bahwa fokus penilaian adalah kemampuan refleksi diri peserta didik. Refleksi diri perlu dibudayakan dengan menciptakan lingkungan yang kondusif. Proses mentoring dan pemberian umpan balik konstruktif penting dalam membangun reflective dialogue dengan peserta didik sehingga akan meningkatkan motivasi mahasiswa untuk melakukan refleksi
Original languageIndonesian
Pages (from-to)340, 348
JournalJurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia : The Indonesian Journal of Medical Education
Volume11
Issue number3
DOIs
Publication statusPublished - 2022

Keywords

  • refleksi diri
  • pembelajaran reflektif
  • profesionalisme
  • umpan balik
  • penilaian refleksi

Cite this