MEAN SQUARED ERROR METODE CHAIN LADDER, BORNHOUTTER-FERGUSON, DAN BENKTANDER DALAM PREDIKSI CADANGAN KLAIM ASURANSI UMUM

Research output: Contribution to journalArticle

Abstract

Pada umumnya, cadangan klaim pada asuransi umum diprediksi dengan metode chain ladder yang dihitung berdasarkan pola dari klaim yang sudah dibayarkan. Metode lain yang sering digunakan juga adalah Bornhuetter-Ferguson yang dihitung berdasarkan pola klaim yang sudah dibayarkan dan premi. Pada penelitian ini, digunakan metode Benktander yang mengabungkan metode chain ladder dan metode Bornhuetter-Ferguson dengan kredibilitas optimal. Kredibilitas optimal diperoleh melalui minimum mean squared error dan variansi. Dengan demikian, diharapkan prediksi cadangan klaim dengan metode Benktander lebih akurat bagi perusahaan. Ketiga metode prediksi cadangan klaim tersebut dibandingkan berdasarkan mean squared error dan akan ditentukan metode terbaik dalam memprediksi cadangan klaim.
Original languageEnglish
JournalJurnal Riset dan Aplikasi Matematika (JRAM)
Publication statusPublished - 2018

Fingerprint Dive into the research topics of 'MEAN SQUARED ERROR METODE CHAIN LADDER, BORNHOUTTER-FERGUSON, DAN BENKTANDER DALAM PREDIKSI CADANGAN KLAIM ASURANSI UMUM'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this