Abstract
Legitimasi Green Accounting dalam Pembatasan Kantong Plastik. Riset ini berupaya untuk meninjau lebih lanjut tingkat akuntabilitas pembatasan kantong plastik konsumen melalui praktik nudging dan pendekatan legitimasi oleh peritel. Metode yang digunakan adalah studi kasus multipel dengan mengombinasi beberapa pendekatan dan unit analisis. Riset ini menemukan hasil bahwa peritel menjalankan green accounting untuk mematuhi peraturan pemerintah beberapa tindakan nudging terhadap konsumen. Meski demikian, konsumen menganggap pembebanan kantong plastik tidak cukup efektif dan tidak transparan. Oleh karena itu, upaya lebih lanjut diperlukan dalam mengusahakan pembatasan kantong plastik belanja dan pengungkapannya.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 542-560 |
Journal | Jurnal Akuntansi Multiparadigma |
Volume | 11 |
Issue number | 3 |
DOIs | |
Publication status | Published - 31 Dec 2020 |
Keywords
- greeen accounting
- legitimasi
- nudging
- simbolis