Lagu sebagai Materi Otentik untuk Pembelajaran Bahasa Inggris

Research output: Contribution to conferencePaperpeer-review

Abstract

Lagu memiliki daya tarik universal yang menghubungkan semua budaya dan bahasa. Selain berpotensi membuat pelajaran menjadi menarik dan menyenangkan, lagu sebagai materi otentik sangat serba guna dan dapat dikembangkan menjadi beragam kegiatan pembelajaran. Sebagai produk budaya, lagu juga dapat digunakan untuk memperkenalkan budaya target yang dapat dikaitkan dengan budaya siswa. Walau demikian, banyak pengajar yang mengabaikan lagu sebagai sarana pembelajaran bahasa karena mereka menganggap lagu tidak relevan, tidak penting, menghabiskan waktu atau tidak sesuai untuk siswa dari segi usia dan tingkat kemahiran bahasa. Di dalam makalah ini, berbagai aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menggunakan lagu otentik untuk pembelajaran bahasa Inggris akan dibahas. Peserta akan memperoleh informasi mengenai sumber-sumber bahan ajar yang dapat mereka gunakan di kelas mereka. Berbagai kegiatan yang mendukung pembelajaran bahasa dan pemahaman antarbudaya juga akan dijelaskan dan diperagakan secara singkat.
Original languageIndonesian
Publication statusPublished - 2017
EventSeminar Nasional Pengajaran Bahasa dalam Perspektif Lintas Budaya - ID, Depok, Indonesia
Duration: 1 Jan 2017 → …

Conference

ConferenceSeminar Nasional Pengajaran Bahasa dalam Perspektif Lintas Budaya
Country/TerritoryIndonesia
CityDepok
Period1/01/17 → …

Keywords

  • Lagu, Materi Otentik, Pembelajaran Bahasa Inggris

Cite this