Abstract
Dalam dunia bisnis yang dijalankan oleh UMKM, pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen adalah salah satu tugas yang harus dipenuhi setiap harinya. Perkembangan usaha oleh UMKM di Pulo Gadungsangat baik, sehingga akan menjadi lebih baik lagi jika kepengurusan perizinan UMKM dapat dilakukan secara menyeluruh. Kemudahan dalam pengurusan perizinan menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan usaha UMKM di Pulo Gadung. Populasi dari penelitian ini jumlahnya tidak diketahui secara pasti karena ada beberapa UMKM yang kurang terjangkau oleh peneliti dan dalam menentukan sampel yaitu melalui rumus Lemeshow, ditentukan bahwa jumlah sampel minimal sebanyak 96. Jenis penelitian yang digunakan dengan menggunakan pedekatan kuantitatif, dengan teknik pegumpulan data menggunakan kusioner. Dalam penelitian ini menggunakan koefisien korelasi regresi sederhana. Pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelaku usaha (Y), berdasarkan hasil pada Uji-T dalam penelitian ini hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel independen yakni kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan kepuasan pelaku usaha. Dari nilai t mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelaku usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasanpelaku usaha UMKM.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 318-326 |
Journal | JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA |
Volume | 8 |
Issue number | 2 |
DOIs | |
Publication status | Published - 2022 |
Keywords
- Manajemen Pemasaran, Kepuasan Pelaku usaha, Kualitas Pelayanan