KUALITAS PELAYANAN DALAM PENGELOLAAN SURAT PD PASAR JAYA

Mohammad Ridha, Desideria Eka Istiqomah

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pemerintah Republik Indonesia sudah menetapkan beberapa unit usahanya dalam bentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Pengelolaan BUMN dan BUMD merupakan upaya pemerintah untuk mengendalikan langsung sektor-sektor usaha yang sangat berpengaruh pada perekonomian. Untuk mengembangkan BUMN dan BUMD, pemerintah secara berkesinambungan melaksanakan revitalisasi pengelolaan badan usaha, diantaranya dalam bidang administrasi. Pengelolaan administrasi yang baik merupakan kunci sukses BUMN dan BUMD agar menjadi instansi yang mampu berkembang . PD Pasar Jaya adalah salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta yang didirikan berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor: lb.3/2/15/66 pada tanggal 24 Desember 1966 dan disahkan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 23 Desember 1967, dengan tugas melaksanakan pelayanan umum dalam bidang pengelolaan area pasar, membina pedagang pasar, ikut membantu stabilitas harga, dan kelancaran distribusi barang dan jasa (http://pasarjaya.co.id/about/detail/Tentang-Kami). Untuk menunjang kelancaran pengelolaan administrasi di PD Pasar Jaya, manajemen PD Pasar Jaya mempersiapkan sistem administrasi pengelolaan surat yang baik. Peneliti melihat dalam sistem administrasi persuratan terdapat beberapa atribut yang dapat dilihat pengaruhnya dalam proses secara keseluruhan. Peneliti menggunakan elemen-elemen pelayanan yang dirumuskan Parahsuraman, yaitu RATER (Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsive). Peneliti mengharapkan dapat memberikan analisa berupa rekomendasi elemen-elemen yang perlu diprioritaskan dan ditingkatkan agar pelayanan pengelolaan surat dapat berjalan lebih baik lagi.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publication statusPublished - 2019

Cite this