Kopi Sebagai Geo Product Untuk Geo Tourism: Konsep Sustainable Agricultural Practice

Sri Rahayu, Diaz Pranita, Hera Rachmahani

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan ide tentang kopi sebagai Geo Product untuk Geo Tourism Untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah daerah berbasis perkebunan kopi. Indonesia memiliki perkebunan kopi yang cukup luas dan merupakan salah satu produsen kopi besar di dunia. Oleh karena itu, upaya signifikan diperlukan dalam meningkatkan pemahaman tentang isu-isu utama konsep Sustainable Agricultural Practice yang dapat meningkatkan inisiatif ekonomi lokal di sekitarnya. Salah satu yang mengakomodasi Sustainable Agricultural Practice dan pengembangan ekonomi lokal keduanya adalah gagasan mengenai geo tourism. Konsep dasar dari geo tourism adalah integrasi antara potensi lokal dengan pengembangan pariwisata. Artikel ini akan menyoroti proses praktik pertanian yang Baik (GAP) melalui penerapan praktik operational excellence sehingga menciptakan sustainable agricultural practice. Operational excellence adalah konsep untuk mengelola kegiatan operasional untuk memaksimalkan potensi, kemampuan, dan meminimalkan kegagalan operasional proses produksi. Dengan pelaksanaan operational excellence, diharapkan kuantitas dan kualitas produksi kopi akan meningkat. Artikel ini mencoba untuk merumuskan konsep operational excellence dalam rantai nilai produksi kopi untuk membantu perkebunan lokal meningkatkan produktivitas mereka. Pada akhir artikel ini, beberapa proposisi disediakan untuk menindaklanjuti gagasan yang diusulkan. Termasuk bagaimana menerapkan konsep keunggulan operasional di sektor perkebunan kopi yang terintegrasi dengan kegiatan pariwisata.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Pariwisata
Publication statusPublished - 2018

Cite this