KONTRIBUSI ENJOYMENT (RASA SENANG) DAN PRIDE (RASA BANGGA) SELAMA BELAJAR DI KELAS TERHADAP SELF-ESTEEM PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Anggun Vrismaya, Linda Primana

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi enjoyment (rasa senang) dan pride (rasa bangga) saat belajar di kelas terhadap self-esteem siswa Sekolah Menengah Pertama. Partisipan penelitian ini adalah siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri, Kota Depok (n=334). Penelitian ini merupakan model penelitian kuantitatif dan noneksperimental. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah AEQ (Achievement Emotions Questionnaire) untuk mengukur enjoyment dan pride saat belajar di kelas serta RSES (Rosenberg Self-Esteem Scale) untuk mengukur self-esteem. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa enjoyment dan pride secara bersama-sama memiliki kontribusi yang signifikan terhadap self-esteem (p = 0,00). Lebih lanjut lagi enjoyment memiliki kontribusi sebesar 14% terhadap self-esteem dan pride memiliki kontribusi sebesar 2% terhadap self-esteem siswa Sekolah Menengah Pertama. Temuan penelitian ini memberikan dapat menjadi referensi bagi perancangan program intervensi untuk meningkatkan self-esteem melalui penanaman pride siswa.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)1-19
JournalINQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi
Volume12
Issue number01
DOIs
Publication statusPublished - 30 Jul 2021

Keywords

  • achievement emotions
  • enjoyment
  • pride
  • self-esteem
  • siswa
  • Sekolah Menengah Pertama

Cite this