KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PROSES PEMBENTUKAN BUDAYA ORGANISASI (STUDI NILAI BUDAYA ORGANISASI I’VE CARE PADA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA)

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Budaya organisasi dalam sebuah perusahaan/institusi/organisasi tak hanya berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas perusahaan/institusi/organisasi, tetapi juga sebagai pedoman dan nilai-nilai berperilaku para anggota perusahaan/institusi/organisasi dalam beraktivitas sehari-hari. Sebagai fakultas kedokteran nomor satu di Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) merumuskan I’Ve Care sebagai budaya organisasinya. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pembentukan budaya organisasi I’Ve Care, faktor-faktor yang menghambatnya dan evaluasi yang dibutuhkan FKUI ke depannya. Metode penelitian dilakukan secara kualitatif, studi kasus melalui wawancara mendalam. Hasil yang didapat dari penelitian ini, bahwa pembentukan budaya organisasi belum optimal dikarenakan adanya faktor-faktor: pengkisahan, komunikasi, penyelesaian masalah yang positif, pengkisahan mengenai pendiri dan pemimpin, kepemimpinan, contoh role model, norma-norma, pengharapan, nilai-nilai, sistem penghargaan, manajemen karier, rekrutmen dan penempatan staf, sosialisasi kepada staf baru, pelatihan dan pengembangan, kontak anggota organisasi, partisipasi dalam pengambilan keputusan, koordinasi antar grup, dan perubahan personal. Diperlukan evaluasi dan saran yang holistis dalam pembentukan budaya organisasi di FKUI.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)51-59
Number of pages9
JournalJurnal Sosial Humaniora Terapan
Volume2
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 12 Dec 2019

Keywords

  • komunikasi organisasi
  • budaya organisasi
  • nilai-nilai budaya organisasi

Cite this