Komodifikasi di Era Masyarakat Jejaring: Studi Kasus YouTube Indonesia

Yessi Nurita Labas, Daisy Indira Yasmine

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penelitian berusaha mengungkap proses komodifikasi yang terjadi di era masyarakat jejaring dengan
berfokus kepada kasus kreator YouTube Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan kasus komodifikasi ide di YouTube Indonesia menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Perkembangan fungsi YouTube yang tidak hanya sebagai wadah ekspresi diri namun juga menjadi media pemasaran korporasi mempertegas bahwa telah terjadi proses komodifikasi pada proses kreatif kreator yang memanfaatkan kreatifitas, ruang ekspresi diri, dan interaksi antara penonton dan kreator. Penelitian menunjukkan bahwa keterbukaan di era masyarakat jejaring memberikan ruang yang lebih leluasa bagi masyarakat untuk ikut memonopoli sumber daya (dalam konteks hiburan online). Sehingga, tidak hanya berpotensi untuk menghindarkan kreator dari alienasi sebagai dampak negatif dari proses komodifikasi, keterbukaan di era masyarakat jejaring juga menegaskan semakin cairnya posisi dan bentuk eksploitasi pada setiap aktor yang terlibat.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)104-119
JournalJurnal Pemikiran Sosiologi
Volume4
Issue number2
DOIs
Publication statusPublished - 2017

Cite this