Keterlibatan Orang Tua dalam Intervensi Gangguan Kecemasan Anak Baru Masuk Sekolah

Rafika Tasya Nesia, Farida Kurniawati

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Faktor umum penyebab terjadinya gangguan kecemasan pada anak, terutama pada anak yang baru memasuki lingkungan sekolah, merupakan pengaruh dari keluarga. Pemberian intervensi yang dilakukan sejak dini dapat menangani gangguan kecemasan ataupun mencegah gejala kecemasan menjadi gangguan yang lebih serius. Melibatkan orang tua dalam intervensi anak dengan gangguan kecemasan dirasa dapat lebih membantu anak menuju perkembangan yang lebih positif dan membantu orang tua dalam mengubah perilaku ketika menghadapi masalah anaknya dan masalahnya sendiri. Tujuan dari kajian literatur ini adalah untuk mengetahui gambaran keterlibatan orang tua dalam intervensi anak dengan gangguan kecemasan yang timbul pada usia baru memasuki lingkungan sekolah, yaitu 6 hingga 7 tahun. Melalui alat pencarian riset elektronik EBSCOhost Research Databases pada database Academic Search Complete, didapatkan 4 artikel jurnal yang sesuai dengan kriteria untuk mencapai tujuan penelitian. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa dari keempat jenis program intervensi yang berbeda, menunjukkan hasil yang signifikan dan efektif dalam menurunkan tingkat gangguan kecemasan yang dialami anak saat melibatkan orang tua khususnya Ibu. Keterlibatan orang tua dalam intervensi juga dirasa lebih efektif daripada terapi individu jika orang tua memiliki gangguan kecemasan dan dapat meningkatkan kualitas fungsi keluarga.
Original languageIndonesian
JournalJournal of Psychological Science and Profession
Publication statusPublished - 2020

Cite this