Kepuasan Pengguna Pelayanan Park and Ride di DKI Jakarta (Studi Perbandingan Antara Park and Ride Terminal Ragunan dan Terminal Kampung Rambutan)

Rizki Darmawan, Mohammad Riduansyah

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Park and ride merupakan sarana parkir yang menunjang bus Transjakarta dan dibuat untuk tujuan menarik minat pengguna kendaraan pribadi agar beralih ke transportasi masal sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di dalam kota. Kepuasan para pengguna merupakan ukuran dari kelayakan dan keberhasilan park and ride yang dibuat serta dijalankan oleh pemerintah DKI Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kepuasan konsumen terhadap fasilitas park and ride yang disediakan oleh pemerintah DKI Jakarta sebagai penunjang sarana transportasi umum di Jakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data dengan menyebar kuesioner ke pengguna park and ride dan wawancara singkat. Hasil dari penelitian menunjukkan para pengguna telah puas dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan meskipun masih terdapat beberapa fasilitas penunjang yang perlu ditingkatkan.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)14-21
JournalJurnal Vokasi Indonesia
Volume5
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 1 Jun 2017

Keywords

  •  Park and Ride

Cite this