Kepuasan Masyarakat dalam menggunakan teledentistry pada masa Pandemi COVID-19 di Indonesia: Studi cross sectional

Translated title of the contribution: Community Satisfaction in Using Teledentistry during the COVID-19 Pandemic in Indonesia: Cross-Sectional Study

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pendahuluan: Permintaan pasien terhadap penerapan teledentistry di dunia mengalami peningkatan lima kali pada masa pandemi COVID-19. Pasien di berbagai kelompok umur memiliki kepuasan yang tinggi terhadap teledentistry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dalam menggunakan teledentistry dan mendapatkan informasi tentang hubungan kepuasan masyarakat dengan usia, jenis kelamin, pendidikan, pengalaman, komunikasi, kemudahan, kenyamanan, keandalan, dan manfaat teledentistry bagi pasien. Metode: Penelitian cross-sectional ini dilakukan pada tahun 2022. Penelitian ini menggunakan kuesioner daring mandiri yang disebarkan menggunakan media sosial. Kuesioner terdiri dari faktor sosiodemografi, dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan dalam menggunakan teledentistry. Uji analisis faktor digunakan untuk menentukan komponen yang berkontribusi sampai pada tingkatan kepuasan. Hasil: Kepuasan masyarakat dalam menggunakan teledentistry di masa pandemi COVID-19 memiliki tiga kategori tingkatan kepuasan, yaitu tiga responden berjenis kelamin perempuan yang memiliki tingkatan kepuasan moderat (skor 68-88), 137 responden berjenis kelamin laki-laki puas dalam menggunakan teledentistry (skor 89-109), dan 135 responden berjenis kelamin perempuan sangat puas dalam menggunakan teledentistry (skor 110-130). Penelitian ini menemukan terdapat 12 kombinasi pemodelan yang dapat berasosiasi secara signifikan dengan kepuasan masyarakat dalam menggunakan teledentistry selain jenis kelamin dan pendidikan. Kesimpulan: Kepuasan masyarakat dalam menggunakan teledentistry di Indonesia hampir sama dengan kepuasan pasien di berbagai negara. Rasa puas dalam menggunakan teledentistry dapat meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Translated title of the contributionCommunity Satisfaction in Using Teledentistry during the COVID-19 Pandemic in Indonesia: Cross-Sectional Study
Original languageIndonesian
Pages (from-to)263-275
JournalPadjadjaran Journal of Dental Researchers and Students
Volume6
Issue number3
DOIs
Publication statusPublished - 31 Oct 2022

Keywords

  • teledentistry
  • kepuasan
  • komunikasi
  • COVID-19

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Community Satisfaction in Using Teledentistry during the COVID-19 Pandemic in Indonesia: Cross-Sectional Study'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this