Kepribadian Proaktif sebagai Mediator antara Dukungan Orangtua dan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karier Siswa Sekolah Menengah Pertama

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

nelitian ini bertujuan untuk menguji peran kepribadian proaktif sebagai mediator hubungan antara dukungan orangtua dalam karier dan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sampel penelitian berjumlah 140 orang yang diperoleh dengan accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah Career-Related Parent Support Scale, Career Decision Self-Efficacy Short Form, dan Proactive Personality Scale yang sudah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Data dianalisis dengan uji regresi menggunakan macro PROCESS oleh Hayes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian proaktif memediasi secara parsial hubungan antara dukungan orangtua dalam karier dan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier. Analisis lanjutan menunjukkan bahwa: (1) kepribadian proaktif memediasi secara parsial hubungan antara dukungan orangtua yang berupa bantuan instrumental dan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier; (2) kepribadian proaktif memediasi secara parsial hubungan antara dukungan orangtua yang berupa pemodelan karier dan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier; (3) kepribadian proaktif memediasi secara parsial hubungan antara dukungan orangtua yang berupa dukungan emosional dengan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier; dan (4) kepribadian proaktif memediasi secara utuh hubungan antara dukungan orangtua yang berupa dorongan verbal dengan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier. Implikasi, limitasi dan saran untuk penelitian selanjutnya didiskusikan.

Original languageIndonesian
JournalJurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
Publication statusPublished - 2020

Cite this