Kekuatan 7P Bauran Pemasaran Terhadap Pilihan Mahasiswa Berkuliah di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tujuh faktor bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process) yang mempengaruhi pengambilan keputusan mahasiswa untuk memilih berkuliah di Program Pendidikan Vokasi UI. Metode penelitian ini adalah kuantitatifdengan teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Data tersebut dianalisis dan diinterprestasikan secara univariatdan multivariat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah; mahasiswa memilih berkuliah di perguruan tinggi vokasi dipengaruhi oleh seluruh faktor bauran promosi, namun faktor Promotion yang berpengaruh paling kuat, walaupun kekuatannya adalah sedang. Promosi memberikan pengetahuan mengenai kurikulum dan program magang yang mereka jalani di Vokasi UI, maka hal itu yang menjadi alasan utama mereka dalam menentukan keputusan. Generalisasi penelitian ini masih belum sempurna, masih diperlukan untuk melakukan penelitian sejenis ke beberapa perguruan tinggi vokasi lainnya, untuk memvalidasi hasil dari penelitian ini. Saran praktisbagi praktisi Public Relations di perguruan tinggi vokasi adalah; rencanakan program-program sosialisasi yang lebih mengarah pada program sosialisasi kepada sekolah-sekolah yang menjadi target sasaran.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Sosial Humaniora Terapan
Publication statusPublished - 2019

Cite this