Abstract
Penggunaan Bahasa Inggris oleh orang Indonesia di media sosial, khususnya Instagram, sudah menjadi tren di era globalisasi ini. Peneliti melihat adanya preferensi penggunaan Bahasa Inggris di Instagram oleh orang Indonesia, khususnya Generasi Y dan Z. Berdasarkan survei peneliti, jumlah Instagrammer dari Generasi Z lebih banyak dari Intagrammer dari Generasi Y sehingga penelitian ini berfokus pada Generasi Z saja. Selain itu, peneliti ingin mengetahui apa yang menyebabkan Generasi Z cenderung berbahasa Inggris di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor terkini yang mempengaruhi kecenderungan penggunaan Bahasa Inggris di Instagram oleh Instagrammer dari Generasi Z. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan survei melalui kuesioner daring dan wawancara melalui ruang obrolan daring. Hasil preliminer yang diperoleh peneliti menunjukkan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi penggunaan Bahasa Inggris di Instagram. Para Instagrammer mengklaim bahwa mereka merasa lebih nyaman dan menjadi lebih percaya diri ketika menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, mereka menyatakan bahwa mereka memiliki beberapa teman internasional. Bagi mereka, bahasa Inggris adalah bahasa umum yang sederhana, tidak perlu penjelasan lebih banyak untuk dikatakan, dan dapat dipahami oleh para Instagrammer di seluruh dunia.
Kata kunci: Bahasa Inggris di Indonesia, Bahasa Inggris di Instagram, Instagrammer, Generasi Z, kecenderungan berbahasa Inggris
Kata kunci: Bahasa Inggris di Indonesia, Bahasa Inggris di Instagram, Instagrammer, Generasi Z, kecenderungan berbahasa Inggris
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages | 217-227 |
Publication status | Published - Oct 2019 |