Karakteristik Mortalitas Jemaah Haji Indonesia Akibat penyakit Kardiovaskular

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pendahuluan. Angka morbiditas dan mortalitas jemaah haji Indonesia masih tinggi. Penyakit kardiovaskular adalah salah satu masalah kesehatan pada jemaah haji Indonesia dan penyebab tertinggi kematian jemaah haji dalam tiga tahun terakhir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik jemaah haji Indonesia tahun 2017 yang mengalami kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Metode. Penelitian deskriptif terhadap jemaah haji Indonesia tahun 2017. Analisis dilakukan untuk menilai karakteristik jemaah haji Indonesia yang mengikuti ibadah haji tahun 2017 serta karakteristik jemaah haji yang meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Hasil. Proporsi kematian akibat penyakit kardiovaskular adalah 49,2% dari seluruh kematian pada jemaah haji Indonesia tahun 2017. Jemaah haji umumya berada pada kategori risiko tinggi. Jemaah haji yang meninggal akibat penyakit kardiovaskular sebagian besar berusia lebih dari 60 tahun (76,7%), memiliki faktor risiko kardiovaskular yakni hipertensi (53,4%) dan obesitas (37,3%), serta jemaah dengan waktu keberangkatan gelombang akhir (53%).

Simpulan. Proporsi kematian akibat penyakit kardiovaskular pada jemaah haji Indonesia tahun 2017 adalah 49,2%. Karakteristik Jemaah haji yang meninggal dengan sebab akibat penyakit kardiovaskular umumnya berusia lebih dari 60 tahun, hipertensi, obesitas, dan waktu keberangkatan akhir.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Penyakit Dalam Indonesia
Publication statusPublished - 2020

Cite this