TY - JOUR
T1 - Implementasi Sapta Pesona Sebagai Upaya Dalam Memberikan Pelayanan Prima Pada Wisatawan di Desa Wisata Pentingsari
AU - Setiawati, Rahmi
PY - 2020
Y1 - 2020
N2 - Penerapan Sapta Pesona merupakan salah satu upaya dalam memberikan pelayanan prima kepada wisatawan, khususnya untuk desa wisata, sehingga diperlukan peran serta dari masyarakat yang terdiri kelompok sadar wisata, pemilik homestay dan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Sapta Pesona di Desa Wisata Pentingsari dalam memberikan pelayanan prima. Konsep yang digunakan pelayanan prima, desa wisata dan community based tourism. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancra, observasi dan Studi Kepustakaan. Hasil dari penelitian bahwa pelayanan prima diperlukan di Desa Wisata, karena desa wisata memiliki karakteristik khusus yang dapat dijadikan suatu wisata yaitu kebudayaan dan keindahan alam yang dimiliki desa tersebut. Bentuk pelayanan prima berupa sikap, perhatian dan tindakan yang dilakukan dalam aktivitas berwisata di desa wisata Pentingsari harus tmengandung unsur Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan bagi wisatawan yang dilakukan pelaku usaha wisata, diantara pemilik homestay, rumah makan dan pusat souvenir. Sehingga disarankan dibuatkan pedoman yang digunakan sebagai Standar Operasional Procedure bagi pelaku usaha wisata yang mengacu pada Sapta pesona, sehingga pengembangan model desa wisata yang berkelanjutan akan terwujud karena aspek kepuasan pelayanan prima kepada wisatawan dapat terwujud.
AB - Penerapan Sapta Pesona merupakan salah satu upaya dalam memberikan pelayanan prima kepada wisatawan, khususnya untuk desa wisata, sehingga diperlukan peran serta dari masyarakat yang terdiri kelompok sadar wisata, pemilik homestay dan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Sapta Pesona di Desa Wisata Pentingsari dalam memberikan pelayanan prima. Konsep yang digunakan pelayanan prima, desa wisata dan community based tourism. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancra, observasi dan Studi Kepustakaan. Hasil dari penelitian bahwa pelayanan prima diperlukan di Desa Wisata, karena desa wisata memiliki karakteristik khusus yang dapat dijadikan suatu wisata yaitu kebudayaan dan keindahan alam yang dimiliki desa tersebut. Bentuk pelayanan prima berupa sikap, perhatian dan tindakan yang dilakukan dalam aktivitas berwisata di desa wisata Pentingsari harus tmengandung unsur Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan bagi wisatawan yang dilakukan pelaku usaha wisata, diantara pemilik homestay, rumah makan dan pusat souvenir. Sehingga disarankan dibuatkan pedoman yang digunakan sebagai Standar Operasional Procedure bagi pelaku usaha wisata yang mengacu pada Sapta pesona, sehingga pengembangan model desa wisata yang berkelanjutan akan terwujud karena aspek kepuasan pelayanan prima kepada wisatawan dapat terwujud.
M3 - Article
SN - 2621-5993
JO - Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
JF - Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
ER -