Implementasi Personal Assistant Library Service (PALS) dalam meningkatkan layanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pendahuluan. Perpustakaan perguruan tinggi di Universitas Pancoran mengarahkan layanan referensi yang berorientasi kepada pengguna dengan membuat layanan yang disebut Personal Assistant Library Service(PALS). Tulisan ini membahas mengenai layanan referensi pada perguruan tinggi di Universitas Pancoran yang bertujuan untuk menggambarkan penerapan PALS di Universitas Pancoran sebagai upaya untuk meningkatkan perpustakaan perguruan tinggi. 12Febriyanto, Tamara Adriani Salime-mail: [email protected] Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 16, No. 1, Juni 2020, Hal. 44-541,2Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Universitas IndonesiaKata kunci: layanan referensi; perpustakaan perguruan tinggi; PALSTersedia online di https://journal.ugm.ac.id/v3/BIPHasil dan Pembahasan. Temuan mengenai strategi yang dilakukan dalam upaya meningkatan layanan referensi di perpustakaan Universitas Pancoran dapat dilakukan dengan cara personal dengan membentuk layanan PALS. Dalam kasus Universitas Pancoran, upaya tersebut tergambar dari dukungan koleksi yang disediakan untuk layanan baru, menilai ulang kompetensi yang dibutuhkan untuk layanan dan melihat tantangan-tantangan yang ada dalam penerapannya. ABSTRACTISSN 1693-7740 (Print), ISSN 2477-0361 (Online)Metode penelitian. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara yang dilakukan terhadap pustakawan yang bekerja pada perpustakaan tersebut. Naskah diterima: 7 Februari 2020, direvisi: 11 Mei 2020, disetujui: 12 Mei 2020Introduction. The academic library in the Pancoran area have user-oriented reference services by creating services called Personal Assistant Library Service (PALS). This paper discusses the reference services at Pancoran University which aims to describe the implementation of PALS at Universitas Pancoran as an effort to improve the academic library. Results and Discussions. The findings of the strategy undertaken in an effort to improve reference services at the Pancoran University library can be done in a personal way by forming PALS services. In the case of Pancoran University, these efforts are reflected in the collection support provided for new services, reassessing the competencies needed for services and seeing the challenges that exist in its implementation.Keywords: reference services; academic library; PALS
Original languageIndonesian
JournalBerkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Publication statusPublished - 2020

Cite this