Iklim psikologis dan kepercayaan interpersonal: Pengaruhnya bagi perilaku berbagi pengetahuan pada dosen perguruan tinggi di Indonesia

Ken Ardhacandra Puspacarira, Ali Nina Liche Seniati

Research output: Contribution to conferencePaperpeer-review

Abstract

Kegiatan berbagi pengetahuan (knowledge sharing) merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan dari profesi dosen dalam melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat. Untuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi dosen dituntut untuk selalu terlibat dalam proses sirkulasi informasi di dalam perguruan tinggi. Kegiatan berbagi pengetahuan yang berkaitan dengan proses mendapatkan serta menerima informasi dan pengetahuan diperkirakan dipengaruhi oleh persepsi dosen terhadap iklim psikologis dalam institusi perguruan tinggi dimana dosen bekerja serta kepercayaan interpersonal yang dimiliki dosen terhadap organisasi maupun orang lain yang terlibat dalam kegiatan berbagi pengetahuan. Semakin baik persepsi dosen terhadap iklim psikologi dan semakin tinggi kepercayaan interpersonal dosen maka akan semakin tinggi perilaku berbagi pengetahuan yang ditampilkan dosen. Hasil studi ini didasarkan pada teori Hoff dan Weenen (2004) mengenai perilaku berbagi pengetahuan, teori Brown dan Leigh (1996) tentang iklim psikologis, serta Dunn, Ruedy, dan Schwetzer (2012) tentang kepercayaan interpersonal.
Original languageIndonesian
Publication statusPublished - 2017
EventSeminar Nasional "Penguat Individu di Era Revolusi Informasi - ID, Surakarta, Indonesia
Duration: 1 Jan 2017 → …

Conference

ConferenceSeminar Nasional "Penguat Individu di Era Revolusi Informasi
CountryIndonesia
CitySurakarta
Period1/01/17 → …

Keywords

  • Iklim psikologis, kepercayaan interpersonal, perilaku berbagi pengetahuan.

Cite this