Hubungan Tipe Motivasi terhadap Kejadian Burnout pada Mahasiswa FKUI pada masa transisi dan pendidikan pre klinik ke klinik tahun 2018

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Mahasiswa kedokteran mengalami berbagai tahap transisi, salah satunya transisi dari tahap pendidikan preklinik ke klinik yang memberikan tantangan dan tekanan serta mengakibatkan stres bagi mahasiswa. Bila mahasiswa tidak memiliki mekanisme coping yang baik, akan terjadi distress yang menyebabkan depresi, burnout, dan kecemasan. Motivasi adalah faktor penting agar mahasiswa dapat menghadapi stres dan burnout. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan tipe motivasi dengan burnout pada mahasiswa tahap transisi preklinik ke klinik. Penelitian ini dilakukan di FKUI menggunakan desain potong lintang dengan melibatkan mahasiswa tahun pertama transisi dari preklinik ke klinik. Mahasiswa dibagi empat tipe motivasi berdasarkan analisis motivasi intrinsik dan terkontrol menggunakan kuesioner academic motivation scale. Tipe motivasi mahasiswa dinilai hubungannya dengan komponen burnout. Burnout dinilai dengan kuesioner Maslach Burnout Inventory HSS. Sebanyak 164 mahasiswa diikutsertakan sebagai responden penelitian. Hasilnya didapatkan bahwa tipe motivasi mahasiswa adalah tipe termotivasi minat-status 79,2% (n=130), termotivasi minat 13,41% (n=22), termotivasi rendah 6,09% (n=10), dan termotivasi status 1,2% (n=2) dari populasi. Mahasiswa dengan tipe termotivasi minat memiliki komponen persepsi terhadap prestasi yang lebih tinggi (p=0,03) dan depersonalisasi lebih rendah (p<0,026) dibandingkan tipe termotivasi minat-status. Tipe termotivasi minat berhubungan dengan rendahnya kemungkinan burnout yang ditunjukkan dengan rendahnya depersonalisasi dan tingginya kepuasan terhadap prestasi diri selama pendidikan. Kata kunci: Burnout, FKUI, mahasiswa tahap transisi preklinik ke klinik, tipe motivasi.
Original languageEnglish
Journale-Journal Kedokteran Indonesia
Publication statusPublished - 2019

Fingerprint Dive into the research topics of 'Hubungan Tipe Motivasi terhadap Kejadian Burnout pada Mahasiswa FKUI pada masa transisi dan pendidikan pre klinik ke klinik tahun 2018'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this