Hubungan Motif dan Kepuasan Dalam Menggunakan Media Sosial Instagram

Zalline Putri Agus Abadi, Pinckey Triputra

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan setiap orang yang berbeda - beda dengan pemenuhan yang berbeda juga, termasuk dalam menggunakan media. Khususnya usia remaja-dewasa sebagai pengguna aktif internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motif dan kepuasan dalam menggunakan media sosial instagram. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah metode kuantitatif, dengan berlandaskan pada teori uses and gratifications yang mengganggap khalayak secara aktif memilih media yang akan digunakan. Sejalan dengan konsep yang digunakan Palmgreen dalam penelitiannya, untuk mengukur kepuasan gratification sought (GS) dan gratification obtained (GO) yang akan menghasilkan kesenjangan antara keduanya. Hasil penelitian menunjukan motif yang paling tinggi adalah hiburan, dengan kepuasan yang paling besar pada pemenuhan kebutuhan informasi. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara motif dan kepuasan dalam menggunakan media sosial instagram.

Original languageIndonesian
Pages (from-to)49-54
JournalPrologia
Volume1
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 2017

Keywords

  • Teori Uses and Gratifications
  • Instagram
  • Remaja-dewasa
  • Indonesia

Cite this