Hubungan Kesadaran Metakognisi dengan Hasil Belajar Mahasiswa Kedokteran

Translated title of the contribution: RELATIONSHIP BETWEEN METACOGNITIVE AWARENESS AND LEARNING OUTCOMES OF MEDICAL STUDENTS

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Kesadaran metakognisi merupakan pemikiran tingkat tinggi yangmelibatkan kontrol aktif atas proses kognisi yang terlibat dalampembelajaran. Kesadaran metakognisi dalam konteks pendidikankedokteran berfokus pada kemampuan mahasiswa dalammemahami tingkat kognisi dirinya sendiri agar dapatmemaksimalkan pembelajaran selama pendidikan, hal initentunya akan berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian inibertujuan untuk menilai hubungan kesadaran metakognisidengan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 165responden mahasiswa kedokteran Universitas Sultan AgengTirtayasa. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada komponenpengetahuan kognisi yaitu, deklaratif (p = 0,410), prosedural (p = 0,187), dan kondisional (p = 0,927) tidak berpengaruh secarasignifikan terhadap hasil belajar mahasiswa kedokteran. Padakomponen regulasi kognisi yaitu, perencanaan (p = 0,221),strategi manajemen informasi (p = 0,514), pemantauanpemahaman (p = 0,996), dan evaluasi (p = 0,873) tidakberpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa.Pada analisis total skor kesadaran metakognisi terhadap hasilbelajar ditemukan tidak terdapat hubungan yang signifikan (p =0,510). Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yangbermakna antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajarmahasiswa kedokteran pada komponen pengetahuan kognisimaupun regulasi kognisi. Terdapat berbagai faktor lain yangdapat mempengaruhi hasil belajar yang tidak dikendalikan dalampenelitian dapat menjadi salah satu penyebab hasil analisis datadalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran metakognisitidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajarmahasiswa kedokteran.
Translated title of the contributionRELATIONSHIP BETWEEN METACOGNITIVE AWARENESS AND LEARNING OUTCOMES OF MEDICAL STUDENTS
Original languageIndonesian
JournalTirtayasa Medical Journal
Volume3
Issue number2
DOIs
Publication statusPublished - 2024

Keywords

  • Kesadaran metakognisi
  • hasil belajar
  • mahasiswa kedokteran

Fingerprint

Dive into the research topics of 'RELATIONSHIP BETWEEN METACOGNITIVE AWARENESS AND LEARNING OUTCOMES OF MEDICAL STUDENTS'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this