Hubungan Derajat Aktivitas Penyakit dengan Depresi padaPasien Artritis Reumatoid

E Mudjaddid, Myra Puspitasari, Bambang Setyohadi, Esthika Dewiasty

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pendahuluan. Artritis Reumatoid (AR) merupakan penyakit kronik sistemik yang sering disertai dengan depresi pada 20-30% pasiennya. Derajat aktivitas penyakit AR dinilai dapat memengaruhi terjadinya depresi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proporsi depresi pada pasien AR dan hubungan antara derajat aktivitas penyakit dengan depresi pada pasien AR.

Metode. Penelitian ini merupakan studi potong lintang yang dilakukan dengan memeriksa pasien AR di Poliklinik Reumatologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam RS Cipto Mangunkusumo Jakarta yang memenuhi kriteria inklusi secara konsekutif pada bulan Januari sampai Maret 2017. Derajat aktivitas penyakit AR dinilai dengan menggunakan Disease Activity Score - 28 (DAS 28) dan depresi dinilai dengan kuesioner Back Depression Inventory (BDI). Analasis statistik dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 20.0.

Hasil. Dari 145 subjek yang ikut dalam penelitian, sebanyak 90,3% adalah wanita (131 orang). Median usia subjek adalah 55 tahun (rentang 19-83 tahun). Sebanyak 45 subjek (31%) memiliki masalah psikososial (stresor). Hasil analisis menunjukkan bahwa proporsi depresi pada pasien AR sebesar 35,9% (IK 95%30–42%). Derajat aktivitas penyakit subjek yang diukur dengan DAS 28 menunjukkan bahwa proporsi subjek dengan derajat aktivitas AR ringan, sedang, dan berat secara berturut-turut yaitu 24 (82,8%), 52 (66,7%), dan 4 (23,5%). Hasil analisis chi- square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara derajat aktivitas penyakit dengan depresi pada pasien AR (p = 0,001).

Simpulan. Proporsi kejadian depresi pada pasien AR di RSCM adalah sebesar 35,9%. Derajat aktivitas penyakit memiliki hubungan yang bermakna dengan depresi pada pasien AR.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Penyakit Dalam Indonesia
Publication statusPublished - 2017

Cite this