Abstract
Makalah ini berkenaan dengan pemahaman anak terhadap ilokusi yang terdapat di dalam gugon tuhon. Di dalam makalah ini akan ditunjukkan sejauh mana anak-anak di daerah Jombang, Jawa Timur, memahami, percaya, dan melaksanakan pesan yang terdapat di dalam gugon tuhon tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan subjek penelitian anak-anak kelas 1, 3, dan 5 SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam pengambilan data.Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yakti teori pragmatik dari Levinson dan Tindak Tutur dari Austin dan Searle. Makalah ini menyajikan tingkat kepercayaan anak terhadap gugon tuhon dan menunjukkan kecenderungan yang diperoleh berdasarkan tingkat kelompok kelas. Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan sebuah kecenderungan bahwa semakin tinggi usia responden semakin tinggi pula tingkat pemahamannya.
Original language | Indonesian |
---|---|
Publication status | Published - 2017 |
Event | International Young Scholars Symposium of Humanities and Arts 2017 - ID, Depok, Indonesia Duration: 1 Jan 2017 → … http://elsevier.com/theconference |
Conference
Conference | International Young Scholars Symposium of Humanities and Arts 2017 |
---|---|
Country/Territory | Indonesia |
City | Depok |
Period | 1/01/17 → … |
Internet address |
Keywords
- anak; gugon tuhon; kepercayaan; pelaksanaan; pemahaman.