TY - JOUR
T1 - Gambaran Kinerja Puskesmas yang Menerapkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Scoping Review
AU - Hidayat, Budi
PY - 2023
Y1 - 2023
N2 - Tujuan: untuk memberikan gambaran kinerja puskesmas yang menerapkan BLUD, baik kinerja keuangan maupun kinerja non keuangan. Metode: studi ini menggunakan metode scoping review dengan mengumpulkan berbagai jurnal dan artikel terkait kinerja puskesmas yang menerapkan BLUD dan dikelompokkan berdasarkan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pengumpulan artikel dilakukan pada mesin pencarian Google Scholar dari rentang waktu 2018-2023 menggunakan kata kunci “kinerja”, “puskesmas”, dan “BLUD”. Hasil: pencarian sistematis menghasilkan dua belas artikel yang mengulas kinerja puskesmas yang menerapkan BLUD dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan pembelajaran secara bersama-sama maupun dari masing-masing perspektif. Kesimpulan: kinerja puskesmas yang menerapkan BLUD masih bervariasi dilihat dari perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif proses pembelajaran. Sedangkan dari perspektif pelanggan, kinerja puskesmas termasuk dalam kategori baik.
AB - Tujuan: untuk memberikan gambaran kinerja puskesmas yang menerapkan BLUD, baik kinerja keuangan maupun kinerja non keuangan. Metode: studi ini menggunakan metode scoping review dengan mengumpulkan berbagai jurnal dan artikel terkait kinerja puskesmas yang menerapkan BLUD dan dikelompokkan berdasarkan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pengumpulan artikel dilakukan pada mesin pencarian Google Scholar dari rentang waktu 2018-2023 menggunakan kata kunci “kinerja”, “puskesmas”, dan “BLUD”. Hasil: pencarian sistematis menghasilkan dua belas artikel yang mengulas kinerja puskesmas yang menerapkan BLUD dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan pembelajaran secara bersama-sama maupun dari masing-masing perspektif. Kesimpulan: kinerja puskesmas yang menerapkan BLUD masih bervariasi dilihat dari perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif proses pembelajaran. Sedangkan dari perspektif pelanggan, kinerja puskesmas termasuk dalam kategori baik.
KW - Kinerja
KW - Puskesmas
KW - BLUD
UR - https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1350
U2 - 10.31004/innovative.v3i2.1350
DO - 10.31004/innovative.v3i2.1350
M3 - Literature review
SN - 2807-4238
VL - 3
SP - 8112
EP - 8121
JO - Innovative: Journal Of Social Science Research
JF - Innovative: Journal Of Social Science Research
IS - 2
ER -