FECAL STEROID PROFILE AND GENITAL SWELLING OF FEMALE JAVAN GIBBONS (HYLOBATES MOLOCH AUDEBERT 1797) MAINTAINED IN INDIVIDUAL CAGE

Hera Maheshwari, Luthfiralda Sjahfirdi, Pudji Astuti, Bambang Purwantara, Hadi Sukadi Alikodra, Dondin Sajuthi, Reviany Widjajakusuma, Mozes R. Tolihere

Research output: Contribution to journalArticle

Abstract

Pengukuran estron terkonjugasi (E1C) dan pregnanediol glucuronat (PdG) di feses dilakukan pada tiga ekor Owa Jawa (Hylobates moloch AUDEBERT 1797) betina untuk mengevaluasi fungsi ovarium ketiga owa tersebut yang masing-masing dipelihara di kandang individu di Pusat Studi Satwa Primata IPB dan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta.. Contoh feses dikoleksi secara regular pada jam 07.00-09.00, 5-7 kali seminggu selama 4-9 bulan. Setelah melalui proses pengeringbekuan, contoh feses diekstraksi menggunakan metanol dan asai E1C dan PdG dilakukan dengan enzyme immunoassay (EIA). Profil hormon yang diperoleh menggambarkan adanya satu betina yang bersiklus dengan panjang siklus 21-25 hari. Lama fase folikular yang diperoleh pada betina tersebut bervariasi antara 11-18 hari, dan fase luteal yang relative konstan dengan lama 8-12 hari. Akan halnya dua betina yang lain, tidak diperoleh adanya gambaran pola yang menunjukkan siklus ovarium yang regular. Pembengkakan organ kelamin luar yang berfluktuasi juga hanya teramati pada betina yang bersiklus dengan lama pembengkakan 3-5 hari, dan perdarahan menstruasi terjadi selama 2-3 hari. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengukuran steroid di feses merupakan suatu metoda nonivasif yang dapat diterapkan untuk mengevaluasi fungsi ovarium Owa Jawa. Keadaan fisiologis dari individual betina mungkin menjadi bahan pertimbangan lain dibandingkan tipe perkandangan sebagai faktor yang mempengaruhi profil hormonal.
Original languageEnglish
JournalMedia Konservasi
Publication statusPublished - 2007

Fingerprint Dive into the research topics of 'FECAL STEROID PROFILE AND GENITAL SWELLING OF FEMALE JAVAN GIBBONS (HYLOBATES MOLOCH AUDEBERT 1797) MAINTAINED IN INDIVIDUAL CAGE'. Together they form a unique fingerprint.

  • Cite this

    Maheshwari, H., Sjahfirdi, L., Astuti, P., Purwantara, B., Alikodra, H. S., Sajuthi, D., Widjajakusuma, R., & Tolihere, M. R. (2007). FECAL STEROID PROFILE AND GENITAL SWELLING OF FEMALE JAVAN GIBBONS (HYLOBATES MOLOCH AUDEBERT 1797) MAINTAINED IN INDIVIDUAL CAGE. Media Konservasi.