TY - JOUR
T1 - Faktor Ikatan Sosial Antar Siswa SMK Ganesa Satria 2 Depok dan Implikasinya Terhadap Strategi Kontrol Sosial Sekolah
AU - Irawati, Indera Ratna
PY - 2022/7/6
Y1 - 2022/7/6
N2 - Penelitian ini mengkaji tentang faktor ikatan sosial yang terdapat pada siswa SMK dan implikasi dari faktor ikatan sosial yang terbentuk terhadap strategi sekolah dalam melakukan kontrol sosial di SMK Ganesa Satria 2 Depok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode studi kasus intrinsik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan observasi dan wawancara mendalam pada guru, siswa, dan orang tua di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor ikatan sosial seperti solidaritas yang kuat, adanya ancaman kekerasan, senioritas dalam kelompok. Kurangnya pendekatan unit penyelenggara sekolah,kurangnya kedekatan emosional siswa dengan keluarga, dan pencarian eksistensi diri menjadi faktor ikatan sosial antara siswa dengan kelompok bermainnya di sekolah semakin kuat. Adapun strategi yang dilakukan sekolah adalah dengan menggunakan sosialisasi nilai, sanksi sosial yang sifatnya preventif-represif, dan penguatan jaringan sistem disiplin dalam kontrol sosial sekolah.
AB - Penelitian ini mengkaji tentang faktor ikatan sosial yang terdapat pada siswa SMK dan implikasi dari faktor ikatan sosial yang terbentuk terhadap strategi sekolah dalam melakukan kontrol sosial di SMK Ganesa Satria 2 Depok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode studi kasus intrinsik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan observasi dan wawancara mendalam pada guru, siswa, dan orang tua di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor ikatan sosial seperti solidaritas yang kuat, adanya ancaman kekerasan, senioritas dalam kelompok. Kurangnya pendekatan unit penyelenggara sekolah,kurangnya kedekatan emosional siswa dengan keluarga, dan pencarian eksistensi diri menjadi faktor ikatan sosial antara siswa dengan kelompok bermainnya di sekolah semakin kuat. Adapun strategi yang dilakukan sekolah adalah dengan menggunakan sosialisasi nilai, sanksi sosial yang sifatnya preventif-represif, dan penguatan jaringan sistem disiplin dalam kontrol sosial sekolah.
KW - Kontrol Sosial
KW - Ikatan Sosial
KW - Siswa
KW - SMK
UR - https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8477
U2 - 10.36418/syntax-literate.v7i5.8477
DO - 10.36418/syntax-literate.v7i5.8477
M3 - Article
SN - 2548-1398
VL - 7
JO - Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
JF - Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
IS - 5
ER -