Abstract
Rasio angka kematian ibu yang tinggi yaitu 94% terjadi pada ibu hamil yang berasal dari negara dengan berpenghasilan rendah (low) dan menengah kebawah (lower-middle-income) (WHO, 2019a). Angka kematian Ibu di kawasan Asia Tenggara dari periode tahun 2000-2017 adalah 137 orang per 100.000 kelahiran hidup (WHO, 2019b). Bank Dunia menyatakan 60% angka kematian ibu hamil disebabkan buruknya kualitas pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan akan memengaruhi kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil selama menerima pelayanan antenatal care di negara berkembang (lower-middle Income) ASEAN. Metode kajian literatur sistematik dengan memilih artikel yang dipublikasikan pada tahun 2015-2022 di dua database yaitu Google Scholar dan PubMed. Adapun kriteria inklusi kajian literatur ini adalah wanita hamil yang berasal dari negara berkembang (low-middle income) di negara ASEAN yang menerima pelayanan antenatal dan melaporkan tingkat kepuasan mereka terhadap proses pelayanan ANC/Antenatal Care yang dirasakannya. Berdasarkan proses penelusuran diperoleh 6 artikel, dan diketahui bahwa dimensi keandalan (reliability), responsivitas (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti langsung (tangibles) adalah beberapa faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan ANC. Pengukuran tingkat kepuasan pasien dapat menjadi evaluasi suatu organisasi kesehatan dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan.
Translated title of the contribution | FACTORS INFLUENCING PREGNANT WOMEN'S SATISFACTION TOWARDS ANTENATAL CARE SERVICE IN THE LOWER MIDDLE INCOME COUNTRIES IN ASEAN: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW |
---|---|
Original language | Indonesian |
Journal | Nursing Current Jurnal Keperawatan |
Volume | 10 |
Issue number | 2 |
DOIs | |
Publication status | Published - 12 Dec 2022 |