Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Selama Masa Pandemi COVID-19 pada Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Fenindra anggi Alifta, Evi Martha

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Latar Belakang. Pembelajaran daring merupakan solusi agar aktivitas akademik dapat terus berjalan. Namun sistem ini mengakibatkan stres bagi mahasiswa. Selain faktor yang berhubungan dengan proses perkuliahan, ada juga permasalahan dari kehidupan sehari-hari yang mengakibatkan munculnya stres khususnya pada mahasiswa program alih jenjang Sarjana Kesehatan Masyarakat (ekstensi). Mahasiswa program ini memiliki latar belakang pendidikan Diploma 3 umumnya sudah bekerja dan berumah tangga. Hal ini menambah beban dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan berdampingan memaksimalkan tugasnya sebagai mahasiswa.Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa selama masa pandemi COVID-19 pada mahasiswa Program Ekstensi FKM UI.Metode. Merupakan penelitian kuantitatif dengan studi cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ekstensi angkatan 2019 - 2021 berjumlah 176 orang. Data primer yang digunakan diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada responden. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat.Hasil. Hasil penelitian didapatkan 5,7% responden mengalami stres berat. Dari analisis bivariat diperoleh dua faktor yang berhubungan dengan tingkat stres yaitu jadwal perkuliahan (p-value 0,005) dan metode pembelajaran (p-value 0,01). Berdasarkan faktor penyebab distress, disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa sering mengalami stres karena banyaknya tugas perkuliahan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi data dasar untuk mengambil tindakan dalam pencegahan dan pengendalian stres pada mahasiswa.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)10-19
JournalPerilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior
Volume5
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - Jun 2023

Cite this