Faktor-faktor yang berhubungan dengan kesintasan pasien kanker serviks yang ditatalaksana dengan hidterektomi radikal dan limfadenektomi

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Kanker serviks adalah penyakit keganasan ke-4 tersering di dunia dan kedua di Indonesia. Kesintasanpasien kanker serviks merupakan ukuran kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktoryang berhubungan dengan kesintasan pasien kanker serviks yang ditatalaksana dengan histerektomi radikal danlimfadenektomi. Penelitian dengan desain kohort retrospektif ini dilakukan di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumopada bulan Agustus 2015 - Agustus 2016. Subjek adalah pasien kanker serviks stadium awal yang dilakukanhisterektomi radikal dan limfadenektomi pada bulan Januari 2011-Desember 2013. Variabel yang diteliti adalahstadium, histopatologi, ukuran tumor, diferensiasi tumor, invasi stroma, limfovaskular dan parametrium, kelenjarlimfe pelvis, batas sayatan dan hubungannya dengan kesintasan. Data diolah dengan SPSS versi 20 dan dianalisisdengan uji chi square, uji regresi cox metode stepwise, dan Kaplan Meier. Diperoleh 123 subjek kanker serviksnamun data yang dapat dianalisis adalah 50 pasien. Proporsi kesintasan subjek dengan keganasan serviks dalam7 tahun 2 bulan masa observasi maksimum 75%; tahun pertama 90% dan tahun ketiga 88%. Stadium, ukuran dandiferensiasi tumor, histopatologi, kelenjar limfe pelvis, batas sayatan, invasi limfovaskular dan parametrium tidakberhubungan dengan kesintasan namun invasi stroma dan terapi radiasi berhubungan dengan kesintasan. Faktorfaktoryang berhubungan dengan kesintasan adalah invasi stroma <2/3 bagian yang merepresentasikan ukurrantumor dan terapi radiasi yang diperlukan pada pasien risiko tinggi pasca bedah (memberikan kesintasan lebihbaik). Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor prognostik lain pada pasien kanker serviksstadium awal seperti ekspresi faktor stem cells (SOX4, NANOG dan OCT4). Kata kunci: kanker serviks, kesintasan, histerektomi radikal, limfadenektomi.
Original languageEnglish
JournaleJournal Kedokteran Indonesia
Publication statusPublished - 2019

Fingerprint Dive into the research topics of 'Faktor-faktor yang berhubungan dengan kesintasan pasien kanker serviks yang ditatalaksana dengan hidterektomi radikal dan limfadenektomi'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this