Faktor Faktor Berpengaruh Kepada Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Melalui Student-Centered E-Learning Environment (SCELE)

Translated title of the contribution: FACTORS INFLUENCING FAKULTAS ILMU KOMPUTER (FASILKOM) UNIVERSITAS INDONESIA (UI) STUDENTS SATISFACTION TOWARDS THE USAGE OF STUDENT-CENTERED E-LEARNING ENVIRONMENT(SCELE)

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa lintas jenjang dan lintas program studi pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) terhadap penggunaan Student Centered E-Learning Environment (SCELE), sistem manajemen pembelajaran berbasis Moodle milik Fasilkom UI selama masa pembelajaran jarak jauh. Dari hasil tinjauan literatur sistematis, dibangun sebuah model dari hasil pengumpulan faktor dan indikator potensial. Model tersebut kemudian diuji menggunakan metode kuantitatif, dan hasilnya dianalisa menggunakan Structural Equation Modelling. Dari hasil yang didapatkan, dilakukan wawancara untuk memahami dan menginterpretasikan hasil riset. Dari riset yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menunjang kepuasan mahasiswa Fasilkom terhadap penggunaan SCELE adalah faktor kualitas teknikal sistem, kualitas pelajar dan kualitas sistem pembelajaran/pendidikan.

Translated title of the contributionFACTORS INFLUENCING FAKULTAS ILMU KOMPUTER (FASILKOM) UNIVERSITAS INDONESIA (UI) STUDENTS SATISFACTION TOWARDS THE USAGE OF STUDENT-CENTERED E-LEARNING ENVIRONMENT(SCELE)
Original languageIndonesian
Pages (from-to)1597-1606
JournalJurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Volume9
Issue number7
DOIs
Publication statusPublished - 26 Dec 2022

Keywords

  • e-learning
  • moodle
  • pembelajaran jarak jauh
  • model
  • kepuasan

Fingerprint

Dive into the research topics of 'FACTORS INFLUENCING FAKULTAS ILMU KOMPUTER (FASILKOM) UNIVERSITAS INDONESIA (UI) STUDENTS SATISFACTION TOWARDS THE USAGE OF STUDENT-CENTERED E-LEARNING ENVIRONMENT(SCELE)'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this