Factors Influencing Youth Audience Involvement (A study on BTS Fans who Follow @army_indonesia Instagram account)

Yolanda Gloria Hutauruk, Ummi Salamah

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Beberapa tahun belakangan ini, K-Pop menjadi suatu fenomena yang menarik perhatian banyak orang. Dengan dibantu oleh keberadaan media sosial, penggemar K-Pop mengambil peran peningkatan popularitas dari K-Pop itu sendiri serta perkembangannya menjadi suatu industri yang besar. Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan audiens dari penggemar grup idola BTS remaja di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa survei daring menggunakan Survey UI. Jumlah responden penelitian ini adalah 131 responden, yang didasari oleh oleh teknik random sampling. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, didapatkan hasil bahwa keterlibatan audiens penggemar BTS remaja di media sosial dipengaruhi oleh faktor media dan faktor situasional.
Original languageEnglish
Pages (from-to)125-134
JournalJurnal Ilmu Komunikasi
Volume9
Issue number2
DOIs
Publication statusPublished - 2020

Keywords

  • Audience involvement
  • K-Pop
  • K-Pop fans

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Factors Influencing Youth Audience Involvement (A study on BTS Fans who Follow @army_indonesia Instagram account)'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this