TY - JOUR
T1 - Exploration of the implementation of direct observation of procedural skill as an instrument for evaluation of clinical skills in dental professional education
T2 - Eksplorasi implementasi direct observation of procedural skill sebagai instrumen evaluasi keterampilan klinis pendidikan profesi kedokteran gigi.
AU - Handayani, Natalia putri
AU - Menaldi, Sri linuwih
AU - Felaza, Estivana
PY - 2022/4/1
Y1 - 2022/4/1
N2 - Pendidikan kedokteran tahap klinik meliputi pemahaman teori, penguasaan keterampilan dan pembelajaran afektif. Hasil proses belajar pada pendidikan tahap klinik dievaluasi dengan pendekatan workplace-based assessment (WBA). Direct observation of procedural skill (DOPS) adalah salah satu metode asesmen WBA. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Populasi penelitian adalah dosen supervisi klinik, dan peserta didik semester satu dan semester dua tahap klinik. Penelitian diawali dengan tahap pra penelitian, yaitu pelatihan dosen tentang cara menguji DOPS, dilanjutkan dengan tahap penelitian, yaitu studi dokumen, observasi, dan focus group discussion (FGD). Hasil penelitian ditemukan tiga tema besar terkait eksplorasi implementasi, yaitu konsep, cara pelaksanaan, dan hambatan pelaksanaan DOPS. DOPS menurut staf pengajar dan peserta didik di FKG UK Maranatha adalah penilaian keterampilan prosedur mahasiswa dengan cara melakukan observasi langsung terhadap setiap tahap pekerjaan prosedur. Persepsi staf pengajar tentang DOPS akan memengaruhi cara para dosen dalam memberikan umpan balik kepada peserta didik. Disimpulkan bahwa observasi secara penuh diperlukan untuk menghasilkan umpan balik yang bermanfaat bagi peserta didik. Kemampulaksanaan DOPS dipengaruhi oleh ketersediaan pasien,kehadiran penguji, dan ketersediaan waktu yang cukup untuk menjalankan DOPS.
AB - Pendidikan kedokteran tahap klinik meliputi pemahaman teori, penguasaan keterampilan dan pembelajaran afektif. Hasil proses belajar pada pendidikan tahap klinik dievaluasi dengan pendekatan workplace-based assessment (WBA). Direct observation of procedural skill (DOPS) adalah salah satu metode asesmen WBA. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Populasi penelitian adalah dosen supervisi klinik, dan peserta didik semester satu dan semester dua tahap klinik. Penelitian diawali dengan tahap pra penelitian, yaitu pelatihan dosen tentang cara menguji DOPS, dilanjutkan dengan tahap penelitian, yaitu studi dokumen, observasi, dan focus group discussion (FGD). Hasil penelitian ditemukan tiga tema besar terkait eksplorasi implementasi, yaitu konsep, cara pelaksanaan, dan hambatan pelaksanaan DOPS. DOPS menurut staf pengajar dan peserta didik di FKG UK Maranatha adalah penilaian keterampilan prosedur mahasiswa dengan cara melakukan observasi langsung terhadap setiap tahap pekerjaan prosedur. Persepsi staf pengajar tentang DOPS akan memengaruhi cara para dosen dalam memberikan umpan balik kepada peserta didik. Disimpulkan bahwa observasi secara penuh diperlukan untuk menghasilkan umpan balik yang bermanfaat bagi peserta didik. Kemampulaksanaan DOPS dipengaruhi oleh ketersediaan pasien,kehadiran penguji, dan ketersediaan waktu yang cukup untuk menjalankan DOPS.
KW - direct observation of procedural skill
KW - ujian formatif
KW - umpan balik
KW - evaluasi keterampilan klinik
KW - kedokteran gigi
UR - https://jurnal.pdgimakassar.org/index.php/MDJ/article/view/507
U2 - 10.35856/mdj.v11i1.507
DO - 10.35856/mdj.v11i1.507
M3 - Article
SN - 2089-8134
VL - 11
SP - 42
EP - 47
JO - Makassar Dental Journal
JF - Makassar Dental Journal
IS - 1
ER -